Sponsors Link

8 Tanda Tanda Awal Sifilis bagi Pria dan Wanita Wajib Dihindari

Sponsors Link

Mengalami penyakit kelamin tidak hanya menyakitkan dan berbahaya. Tetapi juga menimbulkan rasa malu dan aib. Pasalnya, penyakit semacam ini akibat gejala perilaku seksual yang ilegal. Salah satu penyakit kelamin memalukan tersebut adalah tanda tanda awal sifilis dan gejala hiv lanjutan. Sebuah penyakit seksual yang juga disebut raja singa.

ads

Tidak hanya memalukan, penyakit sifilis juga menyakitkan. Bahkan, jika tidak diobati dengan obat hiv tradisional, penyakit bisa mengancam nyawa. Atas dasar itulah, hindari hubungan seks terlarang. Karena penularan sifilis diakibatkan oleh seks anal, oral dengan berganti-ganti pasangan.

Tanda-Tanda Awal Sifilis

Mengenal gejala sifilis dan tanda penderita hiv sejak dini adalah langkah tepat dalam pencegahan. Apalagi, tanda-tanda antara pasien pria dan wanita berbeda. Atas dasar itu, pada artikel berikut ini, kami list beberapa gejala sifilis yang bisa menjadi rujukan. Jika tanda-tanda sudah muncul, segera lakukan perawatan maksimal. Ini dia listnya, yaitu:

1. Alat Kelamin Terluka

Gejala yang pertama adalah luka pada alat kelamin. Biasanya, luka terjadi hingga enam minggu. Setelah itu, progresnya kambuhan. Luka akibat sifilis tidak menimbulkan nyeri dan sakit. Namun hanya berbentuk benjolan yang di dalamnya terdapat nanah.

Ukuran benjolan tidak terlalu besar. Kira-kira hanya seukuran jerawat saja dengan diameter lebar hanya satu setengah sentimeter. Walaupun begitu, gejala tidak boleh diremehkan. Penanganan medis atau dengan makan makanan pencegah hiv harus dilakukan sebelum luka semakin parah.

2. Demam dan Kelenjar Getah Bening Membengkak

Gejala selanjutnya adalah muncul demam ringan penyebab penyakit sifilis. Durasinya tidak terlalu lama hanya tiga hari sampai satu minggu saja. Umumnya, gejala demam akibat sifilis diiringi oleh kelenjar getah bening yang bengkak. Sedangkan demam akibat penyakit lain, tidak selalu disertai tanda-tanda ini.

3. Ruam Kulit

Jika penyakit sifilis awal tidak tertangani dengan baik, akan muncul gejala lanjutan. Salah satunya adalah terjadi ruam kulit. Gangguan bercak ini muncul di berbagai area. Sedangkan bentuknya kecil dan tekstur ruam kasar berwarna merah.

Ruam kulit terjadi akibat infeksi sifilis sudah menyebar melalui sirkulasi darah. Maka dari itu, gejala muncul di berbagai area tubuh yang jauh dari kelamin yang tidak bisa diatasi dengan VCT jenis apapun.

4. Luka di Area Tubuh

Tanda tanda awal sifilis selanjutnya adalah muncul luka yang menyebar di seluruh tubuh seperti mulut, penis dan anus akibat reaksi obat ARV yang berlebihan. Sedangkan ukurannya hanya 1 hingga 3 cm saja.  Pada area luka terdapat lingkaran kecil berwarna abu-abu. Sedangkan di beberapa kasus, luka berwarna putih pucat.

Pada sebagian orang, pasti terkecoh dengan luka ini. Mereka menganggapnya kutil biasa yang tidak berbahaya. Pasalnya, selain tidak menimbulkan rasa sakit, ketika diraba juga tidak nyeri dan dingin.

Sponsors Link

5. Rambut Rontok

Jika penyakit sifilis masuk stadium median (sekunder), rambut mulai terganggu. Gejalanya adalah muncul bintik-bintik kecil di kulit kepala yang disebut alopecia sifilis. Perlahan-lahan bintik akan membesar yang mengakibatkan rambut tercabut dari kulit kepala.

Jika ini terjadi, berarti infeksi sifilis sudah kronis. Namun anda tidak usah khawatir. Karena di fase ini, sifilis masih bisa disembuhkan dengan jenis obat ARV. Sehingga, rambut yang botak kembali tumbuh normal.

6. Berat Badan Turun dan Sakit Kepala

Gejala penyakit sifilis yang keenam adalah berat badan menurun disertai sakit kepala. Gejala ini yang sukar dideteksi. Karena pengurangan bobot badan berjalan perlahan.

Pada beberapa kasus, ketika gejala ini muncul, akan diiringi oleh tanda-tanda lain yang datang bergantian. Diantaranya adalah kelelahan, sakit tenggorokan dan gangguan otot.

Sponsors Link

7. Hilangnya Respon Sensorik

Hilangnya respon sensorik merupakan gejala sifilis yang paling tinggi. Karena pada kondisi ini, infeksi sudah merusak salah satu neuron otak. Menurut ilmu medis, gejala ini disebut neurosifilis. Sebuah penyakit berbahaya yang bisa menimbulkan komplikasi kanker sumsum tulang belakang yang harus diatasi dengan perawatan pasien aids.

Selain itu, gejala ini adalah pintu gerbang kelumpuhan dan defisit sensorik yang berujung pada kematian. Biasanya, penderita penyakit akan kesulitan mengatur gerak dan rasa.

8. Penglihatan Kabur

Gejala sifilis yang terakhir adalah penglihatan kabur. Penjelasannya berkaitan dengan efek sifilis yang berhasil merusak neuron otak hingga ke syaraf jaringan mata. Jika gejala ini dibiarkan tanpa pernah merasakan manfaat obat ARV, penderita bisa mengalami buta parsial hingga permanen. Tentu kita semua tidak ingin hal ini terjadi.

Penyakit sifilis adalah penyakit seksual yang tidak kalah berbahaya dengan aids. Maka dari itu, pastikan tubuh kita tidak mengidap tanda tanda awal sifilis yang sudah dijelaskan di atas.

, , , ,




Post Date: Tuesday 23rd, July 2019 / 09:08 Oleh :