Sponsors Link

10 Tanda Penderita HIV Yang Perlu Diwaspadai!

Sponsors Link

Kebanyakan masyarakat indonesia masih sangat awam bahkan tidak mengetahui cara mengenali gejala HIV AIDS sehingga sangat sulit untuk mendeteksi dan mengetahui tanda penderita HIV AIDS yang telah menunjukkan gejala positif. Gejala awal terinfeksi HIV terkadang memang muncul sebagai penyakit ringan biasa, sehingga tidak satupun yang merasa curiga tubuhnya telah terinfeksi HIV hingga akhirnya virus HIv telah berinkubasi dan menjadi penyakit AIDS. Sulitnya mendeteksi infeksi HIV pada tahap awal mengakibatkan cara menyembuhkan HIV tahap awal nyaris mustahil dilakukan, apalagi sangat sedikit orang yang bersedia menjalani tes darah untuk mengetahui status HIV mereka.

ads

Ada berbagai alasan orang-orang enggan melakukan tes HIV AIDS, terutama pandangan social yang masih merendahkan orang dengan HIV AIDS (ODHA) padahal belum tentu orang yang bersangkutan terbukti terinfeksi HIV AIDS. Oleh karena itu perlu anda perhatikan tanda tanda tertular HIV berikut, sehingga anda dapat mengenali tanda penderita HIV untuk mencegah menyebarnya virus HIV menjadi AIDS.

  1. Demam mendadak berkelanjutan

Demam yang timbul secara mendadak, dan terjadi secara terus menerus dalam beberapa hari, biasanya disebut dengan demam HIV, merupakan tanda penderita HIV positif yang pertama. Demam biasanya disertai dengan pilek dan dalam beberapa kasus, batuk kering yang tak kunjung sembuh. Demam ini merupakan tanda awal saat tubuh mencoba melawan infeksi HIV yang masuk. Jika tubuh mendapat penanganan dalam tahap ini, sangat mungkin HIV dapat teratasi.

  1. Mengalami kelelahan akut

Gejala ini merupakan gejala yang paling sering diabaikan oleh penderita HIV. Kelelahan akut yang terus menerus dirasakan tubuh tanpa sebab yang jelas merupakan tanda tubuh bermasalah. Sistem kekebalan tubuh yang terus menahan serangan tanpa henti dari virus HIV menyebabkan tubuh melemah, sehingga stamina tubuhpun berkurang. Jika anda mengalami kelelahan akut padahal anda cukup istirahat dan cukup tidur, anda perlu melakukan tes darah sesegera mungkin.

  1. Sakit kepala konstan berulang

Seringkali dianggap sakit kepala biasa, infeksi HIV dapat menyebabkan migrain parah yang tak kunjung sembuh. Jika anda mengkonsumsi obat penghilang sakit kepala tetapi sama sekali tidak terlihat efeknya, ini merupakan tanda infeksi HIV.

  1. Nyeri otot dan sendi disertai pegal pegal

Nyeri otot dan sendi, disertai pegal-pegal mungkin terlihat seperti gejala kelelahan biasa. Tetapi jika hal ini terjadi secara terus menerus padahal anda tidak melakukan aktivitas berat yang menyebabkan tubuh kelelahan, ini merupakan tanda penting terinfeksi HIV yang harus diperhatikan. Ingat, gejala HIV seringkali diabaikan karena terlihat sebagai penyakit ringan biasa.

  1. Munculnya ruam pada kulit

Saat ruam muncul pada kulit, dan kulit terasa jauh lebih sensitive daripada biasanya, padahal anda tidak mengalami alergi ataupun penyakit kulit, hal ini merupakan satu lagi tanda infeksi HIV tengah menyerang tubuh. Ruam yang muncul umumnya berupa bercak bercak merah, tetapi dalam kasus lain dapat berupa bercak coklat, keunguan, merah muda maupun bentuk bulat tidak beraturan di kulit. 

Sponsors Link

  1. Mual, muntah, disertai diare tanpa sebab

Mual dan muntah yang disertai diare tanpa sebab secara terus menerus dalam waktu lebih dari seminggu merupakan indikasi gejala HIV. Lebih dari 60% kasus yang terjadi saat penderita diare tidak merespon obat padahal telah dirawat secara intensif merupakan penderita HIV positif. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya bakteri baik di dalam perut, karena pusat system kekebalan tubuh pada sel limfosit T tidak mampu menahan serangan virus HIV sehingga tidak ada perlawanan dari system kekebalan tubuh di perut.

  1. Penurunan berat badan secara drastis

Tidak beraktivitas berat, tidak sedang diet, tidak dalam kondisi sakit parah, tetapi berat badan terus turun bahkan mencapai angka drastis merupakan indikasi kuat infeksi HIV telah menyerang tubuh. Jika penurunan berat badan telah mencapai 10% atau lebih dalam waktu singkat, hal ini sudah menunjukkan tubuh kehilangan daya tahan imunitasnya sehingga perlu penanganan lebih lanjut untuk mencegah HIV berkembang menjadi penyakit AIDS.

  1. Datangnya menstruasi tidak teratur

Pada wanita, jika siklus menstruasi mulai tidak teratur seperti tidak datang menstruasi sama sekali ataupun sangat sedikit, segera hubungi dokter anda. Gejala penderita HIV pada wanita salah satunya adalah menstruasi tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh menurunnya tingkat kesehatan akibat infeksi HIV, sehingga konsentrasi darah dalam tubuh ikut menurun. 

Sponsors Link

  1. Munculnya infeksi pada alat vital

Penderita HIV positif sangat rentan terkena infeksi pada alat vital, mengingat virus HIV berkembang dalam cairan kelamin. Munculnya ruam dan luka pada alat vital juga menyebabkan mudahnya virus dan penyakit kelamin lain masuk ke dalam tubuh. Aktivitas seksual antara sesama penderita HIV juga menimbulkan infeksi serius pada tubuh penderita, seperti penyakit herpes misalnya.

  1. Timbulnya pembengkakan kelenjar getah bening

Kemungkinan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening saat tubuh terinfeksi HIV sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena kelenjar getah bening merupakan bagian dari system kekebalan tubuh yang diserang oleh virus HIV. Pada penderita HIV positif, tidak hanya terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening, juga terjadi radang dan infeksi. Dalam beberapa kasus, timbulnya pembengkakan kelenjar getah bening merupakan salah satu tanda akhir HIV sebelum memasuki fase AIDS.

Jika kesepuluh gejala diatas terjadi pada tubuh, hampir dapat dipastikan bahwa virus HIV telah menyerang tubuh tersebut. Sangat penting untuk segera memeriksakan diri ke klinik maupun yayasan yang memfasilitasi penderita HIV AIDS terdekat, agar segera ditangani. Semakin cepat terdeteksi, maka semakin besar pula kemungkinan cara mengatasi gejala awal HIV dapat diterapkan. Selalu waspadai kesehatan anda, jangan biarkan HIV menyerang kesehatan dan menyebabkan kekacauan dalam hidup anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

, , , , ,
Post Date: Monday 30th, April 2018 / 10:36 Oleh :
Kategori : Pra AIDS