Sponsors Link

Begini 11 Penyebab Utama Penularan HIV wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Aids adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi di dalam sel darah putih akibat serangan virus hiv. Ini akibat penyebab utama penularan hiv tidak dipelajari agar penderita aids bertahan hidup. Karena gangguan ini bisa berefek pada penurunan sistem kekebalan tubuh, maka hiv aids disebut juga penyakit autoimun.

ads

Cara menghindari penyakit tanpa obat ini dan cara mengatasi penyakit hiv ialah mencegah penularannya. Maka dari itu, penyebab penularan hiv harus diketahui sejak dini. Berikut ini, beberapa penyebab tersebut, yaitu:

1. Making Love (Hubungan Seks)

Penyebab penularan hiv yang utama adalah hubungan seksual. Umumnya, terjadi pada pasangan yang ML melalui dubur atau anus. Selain itu, penularan hiv bisa melalui seks oral. Maka dari itu, berhati-hati ketika melakukannya apalagi jika mulut sedang terluka.

2. Menggunakan Jarum Suntik Beramai-ramai

Hiv juga ditularkan oleh jarum suntik yang digunakan beramai-ramai. Biasanya ini dilakukan oleh para pecandu narkotika yang dibuat dari tanaman untuk meningkatkan cd4.

Selain itu, kasus ini juga menimpa pasien rumah sakit yang menggunakan jarum suntik bekas pakai. Maka dari itu, sedarurat apapun penyakitnya, pastikan jarum suntik yang digunakan adalah baru.

3. Ditularkan Ibu Hamil kepada Sang Bayi

Ibu hamil yang mengidap hiv, berpeluang menurunkan penyakit ini kepada sang bayi. Maka dari itu, sebelum tiba masa kelahiran, lebih baik lakukan tes darah dan banyak konsumsi makanan untuk meningkatkan cd4. Sehingga, jika positif menderita hiv, dokter bisa melakukan tindakan cepat. Minimal menurunkan peluang terjadinya penularan.

4. Donor Darah

Donor darah atau transfusi juga penyebab penularan hiv. Maka dari itu, orang yang ingin mendonorkan darahnya, seharusnya melakukan tes hiv terlebih dahulu. Karena jika tidak dilakukan, darah yang sudah terinfeksi hiv akan berpindah ke penerima darah. Sehingga penyebaran penyakit mematikan ini tidak bisa dicegah.

Walaupun begitu, penerima donor tidak usah panik. Sebab, SOP transfusi darah sudah diperketat. Bahkan harus diawali dengan pemeriksaan seluruh organ dan jaringan tubuh termasuk darah. Jika terbukti, maka transfusi tidak dilakukan atau diganti dengan pendonor yang lebih sehat.

5. Pekerja Rumah Sakit

Yang namanya rumah sakit, tentu berisi orang-orang yang sedang sakit sekaligus ahli medisnya seperti dokter dan perawat. Lain daripada itu, rumah medis ini ternyata tempat berkumpulnya penyakit termasuk aids.

Maka dari itu, orang yang bekerja di rumah sakit, juga berpeluang menjadi orang yang ditulari hiv. Apalagi profesi mereka memang terkait dengan organ dan darah pasien. Maka dari itu, jaga tubuh dengan cara menghilangkan hiv.

6. Kebiasaan Cacah Tubuh (Tato)

Bagi orang yang gemar mencacah tubuhnya (tato) penyebab penyakit sifilis, sebaiknya hentikan sebelum hiv menyerang. Pasalnya, jarum suntik yang digunakan belum tentu steril. Perlu diingat pula, orang yang suka tato, biasanya memiliki perilaku seksual menyimpang. Maka, bukan tidak mungkin, di dalam tubuh mereka tersimpan virus hiv.

Yang paling ditakutkan dari kebiasaan tato ini adalah, alat yang digunakan untuk menusuk tubuh, ada kemungkinan dipakai beramai-ramai. Apalagi jika banyak orang yang ingin juga di tato secara bersamaan di waktu itu.

Sponsors Link

7. Transplantasi Organ Tubuh

Jika penyakit sudah kronis, hingga organ tidak bisa lagi difungsikan, maka perlu dilakukan transplantasi supaya nyawa yang bersangkutan tetap tertolong. Namun, tindakan medis ini juga penyebab penularan hiv.

Pasalnya, orang yang mendonorkan organnya, tidak terjamin bebas dari virus. Maka dari itu, penularan bisa terjadi, ketika organ tersebut sudah dipindahkan kepada pasien.

8. Tersentuh Cairan Pasien

Sebagian besar hiv ditularkan dalam bentuk cairan. Maka dari itu, waspadalah dengan cairan seperti nanah, keringat, ingus dan darah yang keluar dari tubuh pengidap aids.

Cairan yang perlu diwaspadai adalah cairan yang keluar dari vagina perempuan. Karena menurut penelitian, cairan inilah yang paling mudah diinveksi virus hiv.

9. Menggunakan Alat Seks

Penyebab utama penularan hiv atau cara penyebaran aids selanjutnya adalah melakukan hubungan seksual menggunakan alat-alat tertentu. Karena tidak bisa menjamin, jika sarana yang digunakan steril. Selain itu, pastikan sex toys tidak digunakan secara bergantian. Karena belum tentu pasangan bebas dari gangguan imunitas ini.

Sponsors Link

Selain itu, ternyata alat seksual juga penyebab menularnya penyakit lain. Diantaranya sipilis, herpes genital hingga penyakit gonore.

10. Pemakaian Kondom yang Rendah

Sebagian besar, hiv ditularkan oleh hubungan seksual dari kelompok yang beresiko tinggi terkena aids. Maka dari itu, penggunaan kondom adalah cara untuk mencegah penularan. Sayang, penyebaran hiv semakin tinggi, akibat penggunaan kondom yang rendah. Bahkan, di tahun ini, ratusan ribu orang di seluruh dunia masih mengalaminya.

11. Meningkatnya Penyakit Infeksi Seksual

Perilaku seks menyimpang seperti seks party juga bisa menyebabkan penularan hiv selain efek samping obat arv. Pasalnya, aktivitas semacam ini cenderung membuat kelamin mengalami infeksi. Tentu, cairan atau darah dari luka infeksi tersebut akan sangat berbahaya, jika penderitanya juga mengalami hiv.

Untuk menghindari hiv, penyebab utama penularan hiv dan penyebab hiv pada bayi harus dijauhi terlebih dahulu. Jika tidak, masyarakat tidak memiliki rujukan yang jelas, tentang apa penyakit hiv dan apa penyebabnya.

, , , ,
Post Date: Tuesday 17th, September 2019 / 02:59 Oleh :
Kategori : Penyebab