Sponsors Link

5 Penyebab HIV Pada Remaja Yang Dapat Dicegah

Sponsors Link

Remaja merupakan usia dimana seseorang memiliki sebuah pola pikir yang lebih kritis jika dibandingkan dengan orang dewasa. Dalam penyebaran wabah penyakit seperti yang dapat menimbulkan dampak HIV AIDS juga rentan untuk ditularkan adalah para remaja. Para remaja cenderung lebih penasaran akan sesuatu yang menurut menarik bagi mereka. Oleh karena itu beberapa pihak seperti sekolah, keluarga dan masyarakat harus benar-benar memerhatikan para remaja yang ada disekitar agar tidak tertular oleh penyakit ini seperti cara pencegahan HIV AIDS yang dilakukan pemerintah dan cara pencegahan HIV AIDS di sekolah.

ads

Mengapa dan bagaimana para remaja dapat tertular oleh penyakit HIV/AIDS? Penyebab HIV pada remaja dapat berasal dari beberapa aspek yang langsung mempengaruhi pola pikir para remaja itu sendiri, beberapa penyebab HIV pada remaja dapat seperti :

  1. Seks bebas

Seks bebas merupakan termasuk ke dalam salah satu cara penularan wabah penyakit HIV/AIDS yang paling berkontribusi. Seks bebasd diketahui juga merupakan pemicu utama dari penularan virus HIV yang terjadi secara cepat pada saat virus HIV ini pertama kali muncul pada suatu daerah di daratah Afrika pada tahun 1800 silam. Seks bebas pada saat itu dapat terjadi akibat ketidakseimbangnya jumlah populasi wanita dan pria sehingga menciptakan pasar seks yang lumrah terjadi pada saat itu. Salah satu penyebab HIV pada remaja ialah seks bebas. Seks yang seharusnya dilakukan ketika pernikahan sudah terjadi pada saat ini justru banyak yang melegalkan hal ini.

Jaman yang semakin maju ini jugalah yang menyebabkan pergaulan bebas ikut meraja rela dikalangan anak muda. Seks bebas merupakan suatu budaya yang berasal dari barat yang seharusnya dihindarkan. Seks bebas yang dilakukan para remaja tidak hanya akan berdampak pada tubuh yang terjangkiti virus HIV tetapi tubuh juga menjadi lebih rentan untuk menderita penyakit menular kelamin lainnya. Sehingga para orang tua dan orang disekitarnya harus memerhatikan bahaya dari ancaman HIV AIDS pada remaja dan cara penanganannya.

  1. Melakukan seks oral

Seks bebas bukanlah salah satu factor yang dapat memicu penularan virus HIV dapat terjadi. Seperti yang diketahui bahwa virus HIV yang telah masuk ke dalam tubuh manusia akan mencari sel-sel system kekebalan tubuh yang banyak terdapat dalam cairan tubuh manusia sehingga tidak heran jika virus banyak terdapat dalam cairan ini. Umumnya banyak orang yang menghindari cairan darah yang dimiliki oleh pasien HIV agar tidak tertular oleh virus dalam tubuhnya, namun tidak hanya itu cairan alat kelamin baik itu wanita dan pria juga memiliki resiko yang tinggi untuk menularkan virus HIV.

Seks oral banyak dipilih oleh sebagian orang terutama oleh para remaja karena biasanya tidak akan menyebabkan kehamilan. Dampak dari melakukan seks oral tentunya lebih menguntungkan dari pada jika melakukan seks seperti pada umumnya. Meskipun diketahui dapat menghindari kehamilan seks oral juga mampu untuk menularkan virus HIV karena biasanya cairan alat kelamin akan masuk ke dalam mulut dan akhirnya virus akan ikut termasuk ke dalam tubuh.

Sponsors Link

  1. Pergaulan bebas

Penyebab HIV pada remaja selanjutnya adalah tindakan pergaulan bebas yang biasanya sangat digemari oleh para remaja. Dalam dunia pergaulan bebas para remaja cenderung merasa menemukan kebebasan dan jati dirinya secara pribadi. Remaja merupakan usia dimana seseorang mencoba untuk mencari jati diri yang mana cocok dengan dirinya serta tidak takut untuk mengambil langkah untuk melakukan sesuatu.

Banyak remaja yang merasa terkekang akan segala adat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat dan keluaraga sehingga mereka mencoba terlepas dari lingkungan hidup yang seperti itu dengan cara memasuki kehidupan yang bebas tanpa larangan. Pergaulan bebas dapat memicu para remaja untuk terjebak dalam kegiatan yang cenderung rentan terhadap penularan penyakit HIV/AIDS serta hal yang dapat merusak masa depan mereka jika terus menerus dilakukan.

  1. Menggunakan narkotika

Penggunaan narkoba juga turut ambi bagian dalam penyebaran penyakit HIV/AIDS menjadi lebih luas lagi. Narkoba juga termasuk ke dalam bagian pergalan bebas yang mungkin dilakukan oleh remaja. Narkoba sangat ditentang oleh negara kita karena dapat membawa kebobrokan jati diri bangsa yakni para generasi penerus bangsa. Narkoba dapat menularkan virus HIV biasanya merupakan jenis narkoba yang dikonsumsi dengan menggunakan alat suntik.

Sponsors Link

Alat suntik yang digunakan biasanya akan dipakai bukan hanya untuk satu orang saja namun digunakan secara beramai-ramai. Alat suntik yang tidak steril ini kemungkinan membawa virus HIV dari tubuh pasien HIV kepada para remaja yang baru mencoba narkoba tersebut. Perlu di ketahui  jika narkoba dapat menurunkan harapan hidup pasien HIV/AIDS.

  1. Penyakit diturunkan oleh orang tua

Penyebab HIV pada remaja lainnya juga dapat disebabkan oleh karena factor turunan penyakit dari orang tua remaja tersebut. Saat ini banyak anak yang terlahir dengan adanya virus dalam tubuh mereka. Para remaja dalam kasus ini tidak melakukan berbagai tindakan yang dapat menularkan virus HIV ke tubuhnya sendiri namun keberadaan virus HIV dalam tubuhnya sedari awal sudah tidka dapat ditolak oleh mereka.

Berbagai jenis penyebab dapat saja mempengaruhi cara penularan virus HIV kepada para remaja yang cenderung lebih rentan untuk terpengaruh dalam pola hidup bebas. Pola hidup seperti ini sebaiknya lebih diperhatikan oleh orang tua atau keluarga yang merupakan tempat pertama dimana para remaja berpijak sebelum akhirnya menghadapi kehidupan mereka di luar sana. Perhatian dan dukungan yang diberikan orang tua kepada para remaja dapat mengurangi penularan virus HIV pada remaja.

, ,
Post Date: Wednesday 03rd, January 2018 / 08:34 Oleh :
Kategori : Penyebab