Sponsors Link

5 Penyakit yang Menyebabkan CD4 Rendah Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

CD4 merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang bekerja pada orang yang telah didiagnosis dengan human immunodeficiency virus (HIV). CD4+ adalah jenis sel darah putih yang berperan penting dalam memerangi infeksi. Sel-sel CD4+ juga disebut T-limfosit, T-sel, atau sel T-helper.

ads

Di dalam tubuh, virus HIV menginfeksi sel CD4+. Jumlah sel CD4+ membantu menentukan apakah infeksi lain seperti infeksi oportunistik dapat terjadi.

Pola jumlah CD4+ dapat berubah ubah dari hari ke hari maka dari itu pola CD4+ lebih penting dibandingkan nilai tunggal CD4+. CD4 juga bermanfaat untuk mendorong fungsi obat ARV selama terapi seorang pasien dengan HIV.

Pola CD4+ dari waktu ke waktu menunjukkan efek dari virus pada sistem kekebalan tubuh. Pada orang yang terinfeksi HIV dan tidak mendapatkan pengobatan, jumlah CD4+ umumnya menurun seiring berjalannya serangan HIV di dalam tubuh.

Tingkat CD4+ rendah biasanya menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan meningkatkan faktor risiko HIV AIDS seperti bisa terkena infeksi oportunistik.

Sementara, dalam menyerang tubuh, virus HIV juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan awal pasien. Jika pasien memiliki masalah kesehatan lain sebelum dan ketika HIV, maka hal itu bisa menyebabkan rendahnya jumlah CD4 sehingga membuat virus HIV dengan mudah menyebar ke seluruh tubuh.

Berikut adalah beebrapa penyakit yang menyebabkan CD4 rendah.

1. Stres

Stress bisa dimasukkan sebagai masalah psikologis, jika stress semakin membesar hingga menyebabkan seseorang terserang depresi, kondisi ini bisa semakin memperparah kesehatannya.

Apalagi jika dia terserang virus HIV. Stress akan dengan cepat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh yang memunculkan berbagai keluhan ataupun penyakit.

Oleh karena itulah dokter HIV AIDS kepada pasiennya pasti akan menyarankan untuk selalu berpikir tenang, menjalani kegiatan-kegiatan positif supaya selalu memiliki energi yang positif, dan tidak lupa untuk mengonsumsi jenis obat ARV yang sudah diresepkan.

Dengan cara ini, tubuh menjadi tidak mudah drop, sehingga sistem kekebalan tubuh dan CD4 di dalam tubuh dapat lebih terkontrol jumlahnya. Kalau anda masih ragu dengan apa yang akan anda lakukan, anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait.

2. Infeksi oportunistik

Penyait yang menyebabkan CD4 rendah berikutnya ialah infeksi oportunistik. Infeksi oportunistik ini disebabkan oleh organisme yang biasanya tidak dapat mempengaruhi atau menyerang orang yang sistem kekebalan tubuh yang normal, tetapi dapat menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk.

Gerakan infeksi ini membutuhkan kesempatan untuk menginfeksi seseorang. Infeksi oportunistik bisa diakibatkan karena seseorang dalam kondisi Kekurangan gizi, Infeksi kambuh, baru saja menjalani transplantasi organ, pasien pernah atau sedang menjalani Kemoterapi untuk Kanker, serangan virus HIV, efek samping obat ARV HIV, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

3. Sakit Radang paru-paru atau pneumonia

Penyakit yang menyebabkan efek CD4 rendah berikutnya ialah sakit radang paru-paru atau penumonia. Penyakit pneumonia ini merupakan suatu kondisi inflamasi dimana paru paru mempengaruhi kantung kantung yang berisi udara mikroskopik atau bisa juga disebut sebagai alveolus.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan mikroorganisme lainnya, hingga mengakibatkan penyakit autoimun. Gejala khasnya meliputi batuk, nyeri dada, demam, dan kesulitan bernapas.

Pasien pneumonia yang menular biasanya menderita batuk berkepanjangan, demam yang disertai menggigil, sulit bernapas, nyeri dada yang tajam atau menghunjam selama menarik napas dalam-dalam, dan peningkatan laju respirasi.

4. Flu atau influenza

Penyakit yang menyebabkan CD4 rendah berikutnya adalah infeksi virus flu yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

ads

Masa inkubasi virus flu termasuk singkat. Anda akan mengalami gejala hanya dalam waktu satu hingga tigahari setelah pertama kali terinfeksi. Masa di mana flu paling menular adalah di hari ketika gejala mulai muncul hingga tiga atau tujuh hari berikutnya. Namun ketika pasien terserang flu dalam keadaan terserang virus HIV sekaligus, maka kondisinya bisa semakin drop.

Banyak yang mengira flu serupadengan pilek karena kemiripan gejalanya, namun anggapan ini tidak tepat. Jenis virus yang menyebabkan flu berbeda dengan pilek biasa.

Selain itu, flu cenderung memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita. Sedangkan pilek umumnya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berdampak kepada rutinitas penderita.

Tingkatkan kewaspadaan ketika pasien dengan HIV mengalami flu, segera jalankan prosedur cara pemeriksaan CD4 untuk mengetahui kekuatan sistem kekebalan tubuh pasien.

5. Herpes Simpleks

Herpes simpleks atau Herpes genital juga bisa menjadi penyakit yang menyebabkan CD4 rendah. herpes simpleks adalah infeksi pada alat kelamin yang bisa terjadi pada pria dan wanita. Penyakit ini termasuk salah satu infeksi menular seksual (IMS).

Penyakit ini biasa menular melalui hubungan seksual vagina, anal, ataupun oral. Herpes simpleks biasanya akan memunculkan gejala-gejala berupa luka yang melepuh sampai berwarna kemerahan. Selain itu,  muncul juga rasa nyeri di sekitar alat kelamin.

Luka yang melepuh karena herpes bisa pecah dan menjadi luka terbuka. Pengobatannya bisa menggunakan salep atau cara lainnya. Virus herpes simpleks bisa kambuh antara empat sampai lima kali pada dua tahun pertama sejak terinfeksi.

Dalam perjalanan penyakit HIV AIDS menyerang tubuh, jika seorang pasien hiv mengalami herpes simpleks, dia akan segera mendapatkan perawatan intensif dan double pengobatan.

Tidak hanya mengontrol virus, tapi juga mengobati herpes simpleks. Pada saat itu, jumlah CD4 bisa berkurang karena tubuh drop dengan sistem pengobatan ganda.

Demikian pemaparan tentang penyakit yang menyebabkan CD4 rendah. Anda bisa menghindari cara penularan AIDS dengan memiliki gaya hidup sehat.

, , , , ,
Post Date: Monday 31st, December 2018 / 08:42 Oleh :