Sponsors Link

3 Cara Penderita AIDS Bertahan Hidup Dari Serangan Virus HIV

Sponsors Link

Tubuh yang telah terinfeksi oleh virus HIV semakin lama akan mengalami penyakit AIDS. HIV dan AIDS akan selalu menjadi satu kesatuan yang utuh, dengan adanya virus HIV maka tubuh akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk merasakan atau menderita penyakit AIDS. Sistem kekebalan tubuh sangat diperlukan guna melindungi tubuh itu sendiri dari bahaya serangan penyakit dan mencegah dampak fisik AIDS. Sistem kekebalan tubuh dapat berupa sel-sel aktif yang dapat berada dalam cairan tubuh manusia.

ads

Tubuh yang terinfeksi oleh virus HIV dapat melalui beberapa cara penularan, beberapa caranya yakni seperti :

  • Dengan melalui darah yang berasal dari tubuh pasien HIV yang telah lama atau baru saja terinfeksi oleh virus. Dalam cairan darah terdapat banyak sel-sel sistem kekebalan tubuh seperti sel darah putih dan sel CD4. Darah yang telah terkontaminasi oleh virus jika masuk ke dalam tubuh yang masih sehat maka keberadaan virus ini sudah tidak dapat lagi di tangani karena sifat dari virus tersebut yang akan terus menetap.
  • Melalui ASI, dalam ASI terkandung beberapa jenis zat dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh bayi yang baru lahir. Selain sebagai suplaian makanan ASI juga dapat bermanfaat dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi secara alami. Karena adanya sistem kekebalan tubuh yang disalurkan dari tubuh si ibu ke anaknya maka hal ini juga dapat meningkatkan resiko penularan HIV dan AIDS dari tubuh ibu yang mungkin saja telah tertular virus pasca melahirkan.
  • Cairan alat kelamin atau reproduksi manusia, cara penularan dengan cairan tubuh ini merupakan salah satu cara yang paling berkontribusi dalam penularan virus yang mana dapat terjadi secara cepat.

Virus HIV hanya dapat menyerang tubuh manusia saja dan tidak akan terjadi pada tubuh mahluk hidup lainnya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti factor yang dapat mempengaruhi siklus hidup dari virus HIV ini sendiri. Dalam siklus hidup pasien HIV diketahui jika virus membutuhkan beberapa bahan yang dapat diperolehnya dalam tubuh sel sistem kekebalan tubuh, bahan-bahan ini selanjutnya akan digunakan oleh virus untuk memproduksi dirinya dalam jumlah yang banyak.

Dampak terparah yang dapat digambarkan dari penderita HIV dan AIDS ialah mengalami kematian, perlu diketahui jika pasien tidak akan langsung meninggal akibat penyakit yang dideritanya ini. Namun terdapatkan kemungkinan jika pasien HIV/AIDS mampu untuk bertahan hidup? Sebenarnya penderita AIDS bertahan hidup mungkin saja terjadi apabila pasien melakukan beberapa tindakan seperti :

  1. Mengobati penyakit AIDSnya

Penderita AIDS bertahan hidup pertama-tama haruslah menyembuhkan penyakit AIDSnya terlebih dahulu. Seperti yang telah diketahui jika AIDS merupakan hasil akhir dari infeksi virus, sebenarnya AIDS yang di alami oleh tubuh merupakan dampak lainnya dari fase akhir infeksi virus. Fase akhir infeksi virus HIV sebenarnya adalah seluruh sistem kekebalan tubuh manusia di ambil alih oleh virus sehingga tubuh tidak memiliki lagi tameng pertahanannya, hal ini dapat menyebabkan AIDS begitu mudah di alami oleh tubuh.

Sesuai dengan prosedur pengobatan dan penanganan HIV/AIDS, pada tubuh pasien yang telah dinyatakan memasuki tahap akut infeksi segera mendapatkan penanganan untuk mengobati penyakit AIDS yang dialaminya. AIDS saat ini masih dikategorikan sebagai gejala penyakit HIV yang dapat di obati dengan pengobatan medis dan alternatif seperti terapi HIV anak guna sebagai cara menghilangkan virus HIV.

  1. Meningkatkan jumlah sel CD4 dalam tubuh

Keberadaan sel CD4 dalam tubuh sangat berperan penting untuk membuat penderita AIDS bertahan hidup. Sel CD4 yang merupakan sasaran aktivitas virus merupakan sel yang berperan dalam membungkusi sel darah putih, hal ini tentunya tidak hanya bekerja sebagai pelapis saja tetapi juga melindungi sel darah putih agar tidak mudah rusak. Jumlah sel CD4 ini pada tubuh yang sehat biasanya berada di tingkat atas normal, namun pada tubuh yang terinfeksi virus jumlah sel CD4 dalam tubuhnya akan berada jauh di bawah normal seharusya.

Sponsors Link

Banyak yang telah membuktikan jika dengan menjaga jumlah sel CD4 untuk tetap berada diatas jumlah normal dapat meningkatkan kualitas hidup pasien HIV dan hal ini dapat dilakukan dengan melalui terapi pasien HIV. Dengan alasan ini juga lah beberapa pengobatan HIV dan AIDS di dalamnya terdapat beberapa metode pengobatan yang mana bekerja dalam meningkatkan jumlah sel CD4 serta menjaga agar jumlah ini tetap bertahan pada tingkat tersebut.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Cara lainnya untuk penderita AIDS bertahan hidup yakni dengan senantiasa menjaga kondisi tubuhnya untuk tetap dalam keadaan sehat dan bugar walaupun tubuhnya sedang menderita sakit yang cukup parah. Kesehatan tubuh tidak hanya berbicara mengenai kesehatan fisik saja namun juga mental dan psikologis pasien. Menjaga kesehatan dapat membantu tubuh untuk tetap dapat bertahan terhadap serangan dari aktivitas virus selama dalam tubuh.

Kualitas hidup pasien HIV/AIDS belakangan ini terus mengalami peningkatan yang cukup dapat dilihat secara nyata. Hal ini tentunya akan sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan dulu yang mana wabah penyakit ini baru ditemukan dan di alami oleh tubuh manusia. Walaupun keberadaan HIV dalam tubuh manusia hingga saat ini masih belum mampu untuk diatasi akan tetapi AIDS yang merupakan penyebab kematian pada pasien dapat diatasi akibat ditemukannya pengobatan untuk mengobati HIV sampai tuntas yang dapat ditempuh oleh pasien penyakit HIV/AIDS.

, , ,
Post Date: Thursday 11th, January 2018 / 07:20 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup