Sponsors Link

ODHA Hidup Normal Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Sistem kekebalan tubuh manusia merupakan sasaran utama dari segala aktivitas virus HIV dalam tubuh manusia dan biasanya terjadi pada masa tahap awal infeksi HIV. Virus HIV merupakan jenis virus yang hanya dapat menyerang tubuh manusia saja, mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hanya dalam tubuh manusia terdapat sebuah sel yang bernama sel T yang digunakan oleh virus HIV pada saat pertama kali mengubah RNA virus HIV menjadi DNA sel. Siklus hidup awal dari virus HIV pada saat baru memasuki tubuh inilah yang biasanya disebut sebagai fase jendela. Dalam proses ini virus akan membutuhkan beberapa waktu hingga tubuhnya mampu untuk mengambil alih fungsi sel yang ia tempeli.

ads

Meskipun diketahui bahwa ODHA atau orang dengan HIV/AIDS ditubuhnya dipastikan tidak akan pernah sembuh dari infeksi virus HIV bukan berarti mereka tidak layak untuk hidup normal, mereka memerlukan perawatan pasien AIDS. ODHA hidup normal merupakan hak pribadi mereka sebagai manusia dan sebagai pribadi yang berada di tengah-tengah masyarakat, beberapa kegiatan yang dapat juga dilakukan oleh ODHA yaitu :

  1. Bekerja dalam bidang yang digemari

ODHA hidup normal dapat seperti mereka mampu untuk bekerja dalam bidang yang digemari tanpa merasa harus ditekan dari lingkungan sekitarnya. ODHA atau pasien HIV yang telah mendapatkan pengobatan secara insentif maka dapat dipastikan bahwa penyakit yang dapat ditularkan apabila melakukan kontak langsung dengannya akan dapat dicegah jika dibandingkan dengan pasien HIV yang belum mendapatkan pengobatan.

Perlu diketahui juga bahwa selama beberapa tahun awal aktivitas virus HIV dalam tubuh ODHA masih belum mampu untuk menimbulkan dampak AIDS terhadap tubuh dan kehidupan atau aktivitas sehari-hari mereka dan cenderung pasien HIV akan terlihat seperti orang sehat lainnya. ODHA memiliki hak untuk hidup normal dengan memiliki pekerjaan yang mereka gemari, walaupun jenis pilihan pekerjaan akan semakin menyempit mengingat daya tahan tubuhnya yang mudah menurun .

  1. Layak untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi

Banyak ODHA dan pasien HIV dalam masyarakat yang terpaksa untuk menghentikan aktivitas pendidikannya akibat dampak buruk dari penyakit HIV/AIDS yang diderita tubuhnya. Hal ini terutama terjadi pada ODHA yang masih berstatus pelajar. Akibat penyakit AIDS yang mungkin ditularkannya kepada orang lain saat sedang belajar menyebabkan timbulnya kekhawatiran dari orang disekitar tempat ODHA menimba ilmu. ODHA berhak sehat dan hidup normal dapat terwujud apabila mereka runtin untuk melakukan serangkaian pengobatan yang mana pengobatan ini bertujuan untuk menekan aktivitas virus agar tidak cepat berkembang dan menyebar. Dengan demikian berbagai gejala penyakit akibat dampak buruk HIV/AIDS akan lebih lama  terjadi pada tubuh, selama itu ODHA dapat menempuh pendidikan setinggi mungkin.

  1. Mengatur arah pemikiran sendiri

ODHA yang berada ditengah lingkungan hidup bermasyarakat cenderung akan mengalami beberapa gangguan baik pada fisik dan mentalnya akibat adanya beberapa penolakan dari orang disekitar lingkungan hidupnya. Akibat lainnya dari kejadian ini ODHA cenderung didorong untuk menjadi pribadi yang lebih baik agar dapat selalu diterima ditengah-tengah masyarakat, hal ini akan berdampak pada konsep pemikiran dari ODHA itu sendiri. ODHA hidup normal juga dapat memiliki arah pemikirannya sendiri tanpa harus takut dikekang oleh konsep pemikiran yang dibentuk oleh orang-orang disekitarnya.

  1. Mengemukakan pendapat

Sama seperti orang lainnya, pasien HIV juga memiliki hak yang sama besar dalam memberikan dan mengemukakan pendapat dari buah pemikirannya terhadap suatu hal. Masyarakat kita merupakan masyarakat yang memiliki kebudayaan bermusyawarah dan bermufakat artinya siapa saja memiliki hak yang sama besar untuk dapat memberikan argumennya. Begitu juga dengan ODHA atau pasien HIV, mereka memiliki hak yang sama dengan orang lainnya tidak memandang kondisi tubuhnya yang sedang terjangkiti penyakit HIV/AIDS.

Sponsors Link

  1. Hidup bebas seperti yang diinginkan

ODHA hidup normal lainnya dapat seperti ODHA dapat memilih dengan bebas seperti apa cara hidup yang diinginkannya dan tidak dibatasi oleh dampak AIDS terhadap kehidupan sosial. Banyak yang beranggapan bahwa artian kata bebas merupakan suatu kondisi atau pilihan yang tidak memiliki keterikatan dengan hal lain dalam hidupnya. Pada saat melakukan suatu hal maka mereka benar-benar melakukannya tanpa berfikir panjang.

Padahal kata bebas sendiri memiliki makna yang lebih dalam yang mana terdapat rasa tanggung jawab dan pemikiran yang matang di dalamnya. ODHA dapat memilih kebebasanya agar merasa tidak dibedakan dengan orang lain disekitarnya. Hidup bebas yang diberikan kepada ODHA artinya juga dapat seperti melepaskan mereka dari tekanan dan peraturan hidup yang tidak mengenakan hidup dan pemikiran mereka. Banyak pasien HIV yang harus melepaskan mimpinya karena takut tidak akan mencapai hal tersebut.

Seseorang yang sedang menderita sebuah penyakit akan merasa dirinya berbeda dengan orang lain disekitarnya hal ini akan berdampak pada menurunnya kepercayaan diri mereka selama ini. Orang yang sedang sakit juga merupakan seorang manusia yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan lainnya, oleh karena itu ODHA hidup normal juga harus didukung oleh masyarakat luas.

, , , ,
Post Date: Friday 29th, December 2017 / 07:07 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup