Sponsors Link

Odha Berhak Sehat Seperti Orang Lain di Sekitarnya

Sponsors Link

Aktivitas virus HIV yang secara khusus hanya menyerang tubuh menusia ini selama beberapa tahun belakangan telah mampu untuk menjadi sebuah wabah penyakit yang telah menyorat banyak perhatian dari beberapa pihak baik itu oleh pemerintah ataupun oleh masyarakat. Banyak orang yang telah menjadi korban dari serangan infeksi virus HIV ini yang mana biasanya terjadi dalam kurun waktu yang lama sehingga dapat menimbulkan dampak AIDS terhadap kehidupan sosial. Virus memerlukan beberapa waktu yang lama yaitu bisa sampai 10 tahun untuk dapat benar-benar mampu melumpuhkan daya tahan atau sistem imun manusia. Selama virus beraktivitas dalam tubuh manusia yaitu terutama pada cairan tubuh manusia seperti darah, virus mampu untuk menimbulkan beberapa gejala dan ciri orang terinfeksi HIV yaitu seperti :

ads
  • Menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia, dampak dari aktivitas virus HIV yang pertama dan yang paling awal dialami oleh tubuh yaitu menurunnya sistem kekebalan tubuh yang dideritanya. Gejala awal dari penyakit HIV/AIDS berupa menurunya daya tahan tubuh ini dapat berdampak pada kondisi tubuh yang menjadi lebih mudah terserang oleh penyakit lainnya.
  • Demam tinggi, demam atau peningkatan suhu tubuh secara tiba-tiba terjadi juga dapat menjadi salah satu gejala penyakit HIV/AIDS. Demam tinggi terjadi akibat tubuh yang berusaha untuk memusnahkan keberadaan virus HIV yang menyerang tubuh, biasanya suhu tubuh yang terlalu tinggi dapat merusak virus sehingga cara ini dimanfaatkan oleh tubuh sebagai salah satu pertahanan diri.
  • Sakit kepala, pusing, mual hingga diare merupakan gejala lainnya yang mungkin saja dialami oleh tubuh yang telah terinfeksi virus HIV. Umumnya terdapat beberapa gejala awal yang mana terjadi ketika tubuh telah memasuki tahap awal infeksi virus. Sakit kepala, pusing, mual hingga diare dapat menyertai tubuh yang mengalami demam tinggi.
  • Pegal dan nyeri pada sendi dan otot, virus HIV dapat berada dalam tubuh cairan tubuh manusia yang didalamnya terdapat sel CD4 atau sel darah putih. Selama virus beraktivitas dalam tubuh maka hal ini dapat menimbulkan dampak secara tidak langsung terhadap persendian besar dan otot tubuh. Biasanya sendi dan jaringan otot akan mengalami nyeri dan pegal yang dapat dengan cepat merada dan terjadi kembali lagi pada waktu tertentu.

ODHA berhak sehat

Jika pada saat dahulu pasien HIV dianggap tidak dapat bertahan lama hidupnya sejak diketahui bahwa tubuhnya positif terinfeksi HIV akibat kurangnya pengetahuan akan dampak dan cara mengatasi pasien HIV, saat ini ODHA berhak sehat dan memiliki taraf hidup yang lebih baik serta setara dengan orang sehat lainnya. ODHA berhak sehat karena penyakit yang dialaminya bukanlah penyakit yang berbahaya apabila pasien mengambil tindakan pengobatan dan pencegaha penularan yang cepat dan tepat. Terdapat 2 jenis pengobatan yang saat ini ditempuh oleh pasien HIV guna mempertahankan ODHA berhak sehat yaitu terdiri dari pengobatan alami dan pengobatan medis.

  1. Pengobatan alami

ODHA berhak sehat dengan mengambil beberapa tindakan pengobatan yang mana salah satunya adalah pengobatan dengan menggunakan bahan alami. Pengobatan alami cenderung dijadikan sebagai salah satu jenis pengobatan alternatif dalam mengobati penyakit HIV/AIDS. Bahan alami yang digunakan dalam pengobatan ini dapat terdiri dari beberapa jenis bahan yang mana didalamnya terkadung zat yang dapat menekan perkembangan virus serta sekaligus menyehatkan tubuh pasien yang daya tahan tubuhnya menurun. Salah satu jenis bahan alami yang dapat digunakan dalam mengobati HIV/AIDS adalah bawang putih yang dapat digunakan pada fase HIV menjadi AIDS.

Sponsors Link

  1. Pengobatan Medis

Pengobatan medis yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh pasien HIV karena telkah terbukti hasilnya dalam mengatasi penyakit HIV/AIDS adalah jenis pengobatan terapi dengan menggunakan obat antiretrovital atau ARV. ARV merupakan salah satu pengobatan terapi yang telah dikembangkan sejak dulu yang mana dapat bekerja dalam menekan pertumbuhan atau perkembangan virus HIV selama dalam tubuh. Pengobatan ini lebih mengandalkan penggunaan obat yang terdiri dari berbagai jenis obat HIV yang mana akan dikonsumsi selama sisa hidup pasien HIV.

Pengobatan dengan ARV mampu untuk meningkatkan kualitas hidup pasien HIV karena dapat juga bermanfaat dalam mencegah timbulnya AIDS pada tubuh yang telah memasuki tahapan penyakit AIDS. Pengobatan medis yang satu ini mampu juga meningkatkan kembali jumlah sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat infeksi virus HIV.

ODHA berhak sehat merupakan salah satu hak yang wajib untuk dijunjung tinggi oleh orang-orang disekitar lingkungan hidup pasien HIV. Berhak untuk sehat dari penyakit juga termasuk ke dalam hak sebagai manusia yang berbudi sehingga tidak ada satu orang pun yang dapat mengambil atau melarang hak ini diberikan kepada pasien HIV atau pasien penyakit lainnya. Bagi keluarga yang memiliki pasien HIV yang dirawat di rumah dapat melakukan beberapa cara hidup dengan ODHA.

, , ,
Post Date: Wednesday 20th, December 2017 / 09:48 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup