Sponsors Link

8 Menu Makanan untuk penderita HIV Wajib Ada Setiap Hari

Sponsors Link

Ketika didiagnosa oleh dokter anda menderita positif HIV mungkin anda merasa tidak memiliki harapan hidup. Tidak, jangan biarkan diri anda terkurung dalam kegelapan pemikiran seperti itu. Ada langkah-langkah sederhana yang akan membantu anda memperpanjang umur anda.

ads

Salah satunya ialah dengan mengatur menu makanan anda setiap hari. Dokter pasti akan menyarankan menu makanan untuk penderita HIV dan  cara menghindari HIVAids saling berhubungan satu sama lain jadi yang terbaik untuk dijalankan setiap hari yang akan membantu memperpanjang kehidupan seorang odha.

Berikut beberapa ciri-ciri menu makanan untuk penderita HIV yang dapat anda siapkan setiap hari.

1. Makananan Segar

Jangan biarkan seorang penderita HIV makan makanan yang tidak segar. Menu makanan untuk penderita HIV harus selalu segar seperti buah dan sayuran. Anda harus mengiris setengah piring makan anda dengan buah dan sayuran segar agar mendapatkan cukup serat dan nutrisi mikro setiap kali makan.

2. Pastikan menggunakan minyak samin dalam setiap masakan

Minyak samin adalah bagian terpenting dari menu makanan penderita HIV, minyak samin memiliki manfaat penting untuk tubuh. Bagi penderita HIV, minyak samin menjadi salah satu unsur yang dapat membantu pencernaan dan mengurangi gejala HIV lanjutan berupa peradangan dalam tubuh karena perkembangan virus HIV. Zat yang terkandung dalam minyak samin dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh.

3. Tidak boleh makan makanan pedas, berminyak dan asam

Menu makanan untuk penderita HIV harus dihindarkan dari makanan pedas, berminyak, dan asam. Makanan pedas, berminyak, dan asam dapat meningkatan asam lambung dan mengiritasi sistem pencernaan.

4. Sertakan sayuran atau bahan makanan yang mengandung banyak pigmen tumbuhan

Menu makanan untuk penderita HIV juga harus mengandung banyak pigmen tumbuhan berupa karotenoid dan bioflavonoid yang akan meningkatkan vitamin A pada pencernaan. Tambahkan juga bahan yang mengandung vitamin B kompleks, yang terkandung di dalam wortel, labu, ubi jalar, dan jeruk. Zat-zat tersebut akan menguatkan sistem kekebalan tubuh dari infeksi.

5. Makanan Berserat

Tambahkan makanan berserat dalam menu makanan untuk penderita HIV. Makanan yang kaya akan serat dapat menjaga tubuh melawan lipodistrofi, efek samping yang sering timbul dari HIV dan obat antiretriviral yang berdampak pada lemak pada tubuh. Rutin mengonsumsi makanan berserat dapat mengurnagi rasa sakit dari gejala HIV awal pada wanita.

6. Tambahkan biji-bijian

Tambahkan biji-bijian dalam menu makanan untuk penderita HIV, biji-bijian akan menambah zat besi dalam tubuh yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. biji-bijian paling banyak terkandung dalam nasi merah, gandum utuh dan tepung multigrain.

Sponsors Link

7. Makanan yang mengandung minyak kelapa

Selain minyak samin, menu makanan untuk penderita HIV juga sebaiknya mengandung minyak kelapa. Minyak kelapa bermanfaat sebagai antimikroba yang menakjubkan untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Menambahkan minyak kelapa dalam tubuh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita HIV.

8. Makan makanan yang mengandung zat besi

Penderita HIV harus setia dengan menu makanan untuk penderita HIV yang berupa menyantap makanan yang menandung zat besi seperti kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah kering.

Itulah delapan saran menu makanan untuk penderita HIV yang sebaiknya dapat disiapkan setiap hari agar ketahanan tubuhnya stabil setiap hari dan odha memperoleh hidup panjang.

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 31st, July 2018 / 08:56 Oleh :