Sponsors Link

7 Jenis-jenis Bahan Makanan yang Mengandung CD4 yang Mudah Ditemukan

Sponsors Link

CD 4 merupakan jenis sel darah putih atau disebut juga dengan leukosit yang menjadi bagian dari sistem imun dalam tubuh. CD4 disebut juga sebagai sel penolong, sel ini lah yang bertama kali bereaksi jika terdapat infeksi di dalam tubuh.

ads

Jumlah sel darah putih berperan penting untuk membantu menentukan apakah infeksi oportunistik dalam tubuh bisa terjadi.  Terutama bagi para pasien dengan bahaya HIV AIDS yang menginta di dalam tubuhnya. Leukosit terditi atas beberapa tipe sel yang mengahsilkan antibodi untuk melawan bakteri atau virus yang menginfeksi tubuh.

Oleh karena itu, untuk membantu jumlah CD4 tetap stabil di dalam tubuh, pasien dengan HIV AIDS membutuhkan asupan makanan yang mengandung CD4. Makanan tersebut harus dimakan secara teratur bersamaan dengan terapi obat ARV yang sedang berjalan. Berikut jenis-jenis bahan makanan apa saja yang mengandung CD4.

  1. Kedelai (Tempe/ Tahu)

Kedelai  merupakan bahan makanan yang sangat mudah untuk ditemukan dan dengan harga yang terjangkau. Kedelai mengandung Protein yang dapat membantu meningkatkan kadar CD4 yang dibutuhkan oleh ODHA atau orang dengan HIV/AIDS. Protein merupakan komponen penting yang dibutuhkan bagi kebutuhan sel dalam tubuh.

Protein dapat membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Protein dapat membangun, memperkuat dan memperbaiki jaringan tubuh.  Di samping itu, juga mengandung Vitamin B12 dapat membantu mempercepat peningkatan sel kekebalan tubuh atau CD4 secara alami. Vitamin B12 mendukung fungsi normal sel saraf, pembentukan sel darah merah, dan pembentukan DNA.

  1. Kelapa

Kelapa dapat memenuhi kebutuhan lemak dan membantu menaikan berat badan. Kelapa juga bisa menambah berat badan dan menambah jumlah energi dalam tubuh  karena mengandung medium cahin trigylyceridies (MCT) yang mudah diserap  oleh tubuh.

Kelapa dapat meningkatkan sekaligus menjaga jumlah CD4 atau sel kekebalan tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan virus HIV dan menghindarkan anda dari bahaya AIDS setelah terpapar virus HIV di dalam tubuh. Penyebaran dan evolusi virus yang dapat dicegah berpotensi menghindarkan anda dari HIV menjadi AIDS.

  1. Wortel

Wortel mengandung banyak manfaat untuk meningkatkan CD4 atau sistem kekebalan dalam tubuh. Makanan yang mengandung cd4 seperti wortel ini memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membenrtuk sel kekebalan tubuh baru.

Beta karoten memiliki potensi sebagai antioksidan membuat beta karoten berperan sebagai agen antikanker secara langsung dan membatu meningkatkan sistem imun. Beta karoten dapat menjaga sistem imundari kerusakan yang disebabkan oleh ROS (Reactive Oxygen Species) sehingga sistem imun dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal.

Sponsors Link

Makanan yang mengandung cd4 ini juga kaya akan vitamin E yang berperan untuk melindungi sel kekebalan tubuh. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari zat yang melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan.

Karena itulah makanan yang bisa menambah CD4 ini sangat dianjurkan oleh dokter untuk dikonsumsi secara teratur dan sesuai dengan takaran. Berlebihan mengonsumsi wortel juga bisa menyebabkan masalah, karena itulah anda akan membutuhkan bantuan dokter untuk mendapatkan takaran yang sesuai untuk tubuh anda.

  1. Kembang Kol

Kembang kol dapat memperkuat sistem imun dengan kandungan zat besi, zink yang sangat tinggi. Kembang kol membantu ODHA untuk mencegah kakurangan zat gizi mikro. Kandungan dalam kembang kol dapat membantu pembentukan sel kekebalan tubh atu sel CD4 yang baru.

Kembang kol mengandung zat antioksidan yang bermanfaat sebagai agen anti inflamasi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi kembang kol sesuai dengan anjuran dokter dapat menjadi cara ampuh menaikkan CD4 pada tubuh pasien yang mulai memperlihatkan tanda-tanda kemerosotan jumlah CD4.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi yang berfungsi untuk membantu mempertahankan sel kekebalan tubuh. Lemak tak jenuh membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak. Alpukat juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol serta menghambat perkembangan HIV di dalam tubuh bersamaan dengan jenis obat ARV yang dikonsumsi oleh pasien dengan HIV AIDS.

Sponsors Link

  1. Manggis dan kulit manggis

Kandungan buah manggis dan kulit manggis dapat meningkatkan sel kekebalan tubuh atau CD4 secara alami di dalam tubuh. Tak hanya itu kandungan dalam buah manggis dan kulit manggis dapat mengurangi infeksi dan kerusakan sel dalam tubuh akibat serangan virus HIV. Manggis memiliki kandungan vitamin C yang merupakan zat anti oksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kulit manggis mengandung anti bakteri sehingga mampu memerangi infeksi bakteri. Vitamin C megaktifkan sistem imun dari radikal bebas, sehingga seseorang tidak mudah terinfeksi virus. Dengan mengonsumsi buah manggis atau ekstrak manggis secara teratur, tubuh juga dapat secara lebih maksimal menerima fungsi obat ARV untuk larut di dalam tubuh dan mengontrol gerakan virus HIV di sel darah.

  1. Pisang

Pisang merupakan makanan yang mengandung CD4 sehingga menjadi buah untuk meningkatkan CD4 yang sangat dapat diandalkan.  Pisang mengadung vitamin C  yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh secara alami.

Oleh karena itu konsumsi pisang sangat dianjurkan bagi ODHA untuk membantu proses penyembuhan HIV. Vitamin C dalam tubuh berperan sebagai zat anti oksidan yang berperan penting dalam menguatkan sistem imun atub CD4.

Demikian penjelasan tentang makanan yang mengandung CD4 untuk anda ketahui dan dikonsumsi oleh odha selama masa perawatannya.

, , , ,
Post Date: Thursday 17th, January 2019 / 03:47 Oleh :