Sponsors Link

8 Makanan Setelah Minum ARV yang Sangat Dianjurkan!

Sponsors Link

Dengan terapi ARV seorang penderita HIV bisa memiliki harapan hidup lebih lama. Terapi ARV secara teratur sangat penting bagi penderita HIV karena dengan terapi ini infeksi virus HIV yang ada didalam tubuh bisa ditekan sekaligus menjaga kekebalan tubuh.

ads

Pengobatan dengan ARV perlu didampingi makanan sehat dan bernutrisi untuk mencegah efek samping dari pengobatan dan membantu menjaga kondisi tubuh agar tidak semakin parah. Berikut makanan setelah minum ARV untuk membantu tubuh tidak mendapatkan efek buruknya.

  1. Kedelai (Tempe/ Tahu)

Kedelai  merupakan bahan makanan setelah minum ARV yang dianjurkan dokter. Bahan makanan ini sangat mudah untuk ditemukan dan dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Kandungan kedelai juga merupakan makanan yang mengandung CD4 sehingga memberi pengaruh yang baik pada CD4. Protein  sangat membantu meningkatkan kadar CD4 yang dibutuhkan oleh ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

Protein merupakan komponen penting yang dibutuhkan bagi kebutuhan sel dalam tubuh. protein dapat membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Protein dapat membangun, memperkuat dan memperbaiki jaringan tubuh.

Selain protein kandungan baik lain yang terkandung dalam kedelai ialah Vitamin B12. Vitamin ini dapat membantu mempercepat peningkatan sel kekebalan tubuh atau CD4 secara alami. Vitamin B12 mendukung fungsi normal sel saraf, pembentukan sel darah merah, dan pembentukan DNA.

  1. Kelapa

Makanan setelah minum ARV selanjutnya yang cukup baik ialah buah kelapa karena dapat memenuhi kebutuhan lemak dan membantu menaikan berat badan. Kelapa juga bisa menambah berat badan dan menambah jumlah energi dalam tubuh  karena mengandung medium cahin trigylyceridies (MCT) yang mudah diserap  oleh tubuh.

Kelapa dapat meningkatkan sekaligus menjaga jumlah CD4 atau sel kekebalan tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan virus HIV.  Bisa dikatakan bahwa buah kelapa termasuk jenis makanan yang bisa menambah CD4.

  1. Wortel

Selanjutnya, makanan setelah minum ARV yang baik ialah Wortel. Sayuran ini mengandung banyak manfaat untuk meningkatkan CD4 atau sistem kekebalan dalam tubuh.

Kandungan beta karoten dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membenrtuk sel kekebalan tubuh baru sehingga meningkatkan fungsi obat ARV katika dikonsumsi oleh odha. Kandungan Beta Karoten juga dapat berperan sebagai anti kanker karena mengandung antioksidan. Secara tidak langsung kandungan ini juga meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Beta Karoten juga dapat menjaga sistem imun tetap prima dan terhindar dari kerusakan oleh reaksi oksigen yang berlebihan. Dengan terjaganya kondisi sistem imun, maka sistem imun dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Selain beta karoten wortel juga kaya akan vitamin E yang berperan untuk melindungi sel kekebalan tubuh. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari zat yang melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan.

Sponsors Link

Sedangkan kandungan vitamin C-nya berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi  untuk membantu proses pemulihan tubuh akibat terinfeksi HIV. Vitamin C memiliki kemampuan sebagai anti oksidan yang baik untuk memperkuat sistem imun. Vitamin C juga dapat mencegah terjadinya proses radikal  bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh yang rusak. Bahkan kandungan vitamin C dalam wortel termasuk ke dalam salah satu bahan cara ampuh menaikkan CD4.

  1. Kembang Kol

Kembang kol dapat memperkuat sistem imun dengan kandungan zat besi, zink yang sangat tinggi. Oleh karenanya, kembang kol juga baik sebagai makanan setelah minum obat ARV. Kandungan kembang kol akan membantu memaksimalkan manfaat obat ARV.

Kembang kol membantu ODHA untuk mencegah kakurangan zat gizi mikro. Kandungan dalam kembang kol dapat membantu pembentukan sel kekebalan tubh atu sel CD4 yang baru. Selain itu, kandungan baik lainnya dari kembang kol ialah zat antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dengan menjaga gen anti inflamasinya terkondisi dengan baik.

  1. Alpukat

Makanan setelah minum ARV selanjutnya ialah pasien dapat mengkonsumsi alpukat. Buah ini memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi yang berfungsi untuk membantu mempertahankan sel kekebalan tubuh.

Lemak tak jenuh membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak. Alpukat juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol serta menghambat perkembangan HIV di dalam tubuh.

Sponsors Link

  1. Manggis dan kulit manggis

Kandungan buah manggis dan kulit manggis dapat meningkatkan sel kekebalan tubuh atau CD4 secara alami di dalam tubuh. Tak hanya itu kandungan dalam buah manggis dan kulit manggis dapat mengurangi infeksi dan kerusakan sel dalam tubuh akibat serangan virus HIV dan menghamba bahaya AIDS.

Manggis memiliki kandungan vitamin C yang merupakan zat anti oksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kulit manggis mengandung anti bakteri sehingga mampu memerangi infeksi bakteri. Vitamin C megaktifkan sistem imun dari radikal bebas, sehingga seseorang tidka mudah terinfeksi virus.

  1. Pisang

Pisang sering dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan proses diet. Hal ini dikarenakan pisang mengandung kalori yang dapat memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh.

Pisang mengadung vitamin C  yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh secara alami. Oleh karena itu konsumsi pisang sangat dianjurkan bagi ODHA untuk membantu proses penyembuhan HIV. Vitamin C dalam tubuh berperan sebagai zat anti oksidan yang berperan penting dalam menguatkan sistem imun atau CD4.

Demikian pemaparan tentang makanan setelah minum ARV yang perlu anda ketahui, supaya anda dapat membantu odha mendapatkan kulitas hidup yang baik.

, , ,
Post Date: Thursday 31st, January 2019 / 12:34 Oleh :