Sponsors Link

20 Jenis Penyakit Kelamin Pria dan Wanita yang Mengerikan!!

Sponsors Link

Berbagai jenis penyakit di Indonesia mampu menularkan kepada orang lain khususnya pada penyakit kelamin. Banyak sekali penyakit kelamin pada wanita maupun pria disebabkan karena pola hidup masyarakat yang tidak baik ,seperti seks bebas , pergaulan bebas , tidak pernah olahraga dan kurang memperhatikan kebersihan sekitar.

ads

Penyakit kelamin ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, selain itu adanya penyakit kelamin ini juga dapat membuat seseorang menjadi stres, depresi karena penyakitnya . Khususnya bagi yang mempunyai pasangan , mereka cenderung menutup diri , dan malu karena khawatir pasangannya tidak menerimanya karena penyakit kelamin tersebut. Penyakit kelamin dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain:

Baca juga :

Jenis Penyakit Kelamin

Banyak berbagai jenis dari penyakit kelamin di Indonesia mulai dari yang sedang sampai yang parah yang mengakibatkan resiko kematian. Terkadang seseorang tidak menyadari bahwa mereka terkena penyakit kelamin , sehingga saat diketahui pun sudah dalam kondisi yang parah.

Jenis dari penyakit kelamin dibedakan menjadi dua dari segi jenis kelamin yaitu penyakit kelamin pada wanita dan pada pria.Antara jenis dari penyakit kelamin pria dan wanita tidak selalu lama, terdapat beberapa yang berbeda. Meskipun demikian terdapat  jenis kelamin tertentu yang sama. Berikut mengenai penjelasan lebih lanjut antara penyakit kelamin pada wanita dan penyakit kelamin pada pria . (Baca juga :  Cara Penularan AIDS)

Penyakit Kelamin pada Pria

Penyakit kelamin dapat menyerang pria maupun wanita , berikut beberapa penyakit kelamin yang menyerang pria antara lain . (Baca juga : Bahaya AIDS )

1. Chlamydia

Chlamydia merupakan salah satu jenis penyakit pada pria yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia Trachomatis . Penyakit jenis ini dapat ditularkan saat melakukan hubungan seksual tanpa kondom. Penyakit ini harus segera ditangani karena jika tidak akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang lebih serius.

Beberapa penderita chlamydia tidak merasakan gejala apapun saat terkena penyakit ini.Gejala yang dialami pria antara lain merasakan sakit pada bagian testtikel, adanya sensasi gatal atau terbakar saat berkemih dan keluarnya cairan berwarna putih kental atau encer dari ujung penis. Infeksi ini masih dapat ditularkan walaupun gejala-gejala tersebut sudah hilang.

Selain pada mata penyakit Clamydia ini juga dapat menyerang area mata yang menyebabkan rasa perih,bengkak , ritasi dan mengeluarkan cairan. Tidak hanya mata ,pada bagian anus pun juga beresiko terkena penyakit ini dan akan menyebabkan pendarahan serta rasa sakit yang membuat tidak nyaman.

2. Epididimitis

Epididimitis merupakan salah satu jenis penyakit kelamin pada pria,penyakit ini merupakan peradangan pada epididimis atau saluran sperma yang terletak di bagian belakang testis. Pada pria penyakit ini dapat menyerang di segala usia ,akan tetapi penyakit ini sering menyerang satu usia mereka 19 tahun sampai 35 tahun.

Epididimis sendiri ialah saluran yang bergulung-gulung yang berfungsi untuk menghubungkan testis dan fas deferens ,sedangkan fas deferens sendiri merupakan saluran sperma yang langsung menuju pintu keluar di penis saat priaejakulasi. Faktor resiko pria terkena penyakit ini antara lain sering bergonta-ganti pasangan,pembesaran prostat, infeksi saluran kemih,belum disunat dan letak anatomis saluran kemih yang tidak normal. Tanda dan gejala jika pria terkena penyakit ini antara lain yaitu:

  • Skrotum bengkak terasa hangat dan sakit
  • Nyeri pada testis
  • Terdapat darah pada cairan sperma
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Muncul benjolan disekitar testis

Jika seseorang merasakan tanda dan gejala tersebut , segeralah untuk periksa ke dokter . Pengobatan untuk penyakit ini pun antara lain obat antibiotik, obat pereda nyeri dan istirahat, serta pembedahan. 

Sponsors Link

3. Gonore 

Salah satu penyakit kelamin yang dialami pria yang ketiga yaitu Gonore. Penyakit ini bisa ditularkan melalui hubungan seksual, penyakit ini menyababkan masalah pada bagian saluran kencing, rektum , hingga tenggorokkan.

Gejala yang dirasakan pria saat terkena Gonore ini biasanya muncul pada waktu 2-7 hari setelah infeksi. Gejala tersebut berupa rasa tidak enak pada uretra lalu beberapa jam kemudian merasakan nyeri ketika berkemih disertai keluarnya nanah dari penis. Gejala lain yang sering timbul antara lain:

  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Gatal pada dubur, dubur berdarah
  • Mengeluarkan nanah atau sakit saat buang air besar
  • Jika sudah menyebar ke mata bisa menyebabkan sakit mata
  • Keluar nanah dari mata dan mata mengeluarkan cairan.

4. Urethritis

Urethritis merupakan salah satu penyakit kelamin pada pria yang disebabkan oleh infeksi yang menyebabkan peradangan pada lapisan uretra , yang merupakan saluran kecil yang berfungsi untuk mengalirkan air kencing ke luar tubuh.

Pada pria saluran kecil ini berfungsi sebagai pengeluaran air mani. Selain itu infeksi ini dapat menyebabkan pengaruh untuk bagian prostat, kandung kemih dan bagian organ reproduksi. Tanda gejala yang muncul yaitu :

  • Rasa panas saat buang air kecil
  • Keluar nanah atau lendir dari penis
  • Rasa gatal dan panas ketika lubang penis terbuka
  • Ada darah dalam air mani atau air kencing.

5. Prostatitis

Prostatitis merupakan salah satu penyakit kelamin yang menyerang pria , penyakit ini menyebabkan terjadinya pembengkakan atau peradangan pada bagian kelenjar prostat. Kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan air mani dan menyalurkan sperma. Penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak bisa buang air kecil, rasa sakit saat buang air kecil serta rasa tidak nyaman bahkan juga flu. Biasanya penyakit ini menyerang di semua usia muda maupun tua. Tanda dan gejala yang dirasakan antara lain:

  • Sering buang air kecil berlebihan pada malam hari
  • Rasa sakit pada bagian punggung, selangkangan atau perut bawah
  • Sakit pada bagian skrotum dan anus
  • Penis atau testis menjadi tidak nyaman atau sakit
  • Selalu merasakan ejakulasi terlalu sering
  • Muncul berbagai jenis gejala flu 
    ads

6. Herpes Genital

Herpes genital juga merupakan salah satu penyakit kelamin yang menyerang pria. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada alat kelamin yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex atau yang disebut dengan HSV. Tanda dan gejala yang dirasakan antara lain:

  • Kulit akan mengalami luka terbuka dan berwarna merah tanpa adanya rasa sakit, gatal, atau pun geli
  • Muncul sensasi rasa gatal, sakit, atau geli pada area genital atau daerah anal
  • Muncul luka melepuh
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Tubuh cepat lelah
  • Gejala flu, demam , nafsu makan turun dan lain-lain

7. AIDS

Merupakan salah satu penyakit kelamin akibat hubungan intim yang tergolong sangat serius dan dapat menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh pagi pengidapnya. Untuk mengetahui seseorang terkena penyakit ini perlu di lakukan pengecekan darah , penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian.

Cara Mengenali Gejala HIV AIDS yaitu :

Waspadai jika sering mengalami kelelahan

  • Berat badan yang tiap hari semakin turun drastis
  • Pembengkakan pada getah bening
  • Mengalami ruam pada kulit seperti gatal dan juga bintik-bintik merah
  • Kuku berubah warna menjadi kuning dan mudah rapuh
  • Mengalami keringat dingin di malam hari
  • Gatal pada daerah kemaluan

8. Bisul pada Kelamin

Penyakit kulit yang satu ini dapat menyerang pria dan disebabkan oleh virus HPV atau Virus Human Papilloma. Bisul ini muncul setelah melakukan hubungan intim dengan penderita penyakit ini , yang nantinya akan terlihat setelah sebulan hingga satu tahun. Tanda dan gejalanya terdapat benjolan kecil,dan terasa gatal dan panas serta berwarna merah.

9. Infeksi Jamur

Penyakit ini tergolong disebabkan oleh jamur , biasanya menyerang bagian kelamin yang lembab dan tidak bersih.Saat menyerang wanita dapat menyebabkan rasa gatal dan berwarna merah.Pria yang tidak disunat lebih beresiko terkena penyakit ini. Penyakit ini dapat diobati dengan krim anti jamur dengan anjuran dokter.

10. Sifilis 

Penyakit Sifilis ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang kelamin pria. Tanda-tanda Penyakit Sifilis akan muncul setelah seminggu atau sebulan setelah berhubungan badan dengan penderita sifilis. Namun penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik penicilin dalam tubuh, namun bakteri penyebab penyakit sifilis tetap tumbuh dan berkembang dalam tubuh penderita yang setiap saat bisa saja kambuh.

Penyakit Kelamin pada Wanita

Setelah mengetahui beberapa jenis penyakit kelamin pada pria , terdapat beberapa jenis dari penyakit kelamin yang menyerang wanita antara lain (Baca juga : Mengenali Gejala HIV AIDS )

1. Chlamydia

Selain pada pria ternyata penyakit Chlamydia juga dapat menyerang wanita , justru pada wanita lebih banyak dibandingkan pria. Penyakit Chlamydia pada perempuan dapat terjadi di segala usia. Namun sebagian besar penyakit ini menyerang wanita yang berusia muda dan aktif secara seksual.

Pada wanita terdapat tanda dan gejala yang berbeda pada pria antara lain :

  • Pendarahan ketika atau setelah melakukan hubungan seksual
  • Keluarnya cairan yang tidak biasa dari vagina serta mengalami menstruasi lebih berat dari biasanya
  • Perdarahan antara masa menstruasi
  • Rasa sakit pada perut bagian bawah

2. Cervicitis

Cervicitis adalah salah satu penyakit kelamin yang menyerang wanita yang menyebabkan peradangan pada bagian mulut rahim atau bagian serviks. Seseorang yang terkena penyakit ini sering tidak merasakan gejala awal ,karena gejala awal yang tergolong ringan sehingga seseorang yang terkena penyakit ini pun tidak memperhatikannya. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Tanda dan gejala yang muncul antara lain :

  • Keputihan tidak nomal
  • Keputihan berwarna hijau, kecoklatan, dan kekuningan
  • Bau keputihan tidak sedap
  • Keinginan buang air kecil
  • Sakit saat berhubungan seksual
  • Keluar darah saat berhubungan seksual

3. Gonore

Selain pada pria , penyakit Gonore juga dapat menyerang wanita . Penyakit ini menyebabkan beberapa masalah antara lain pada bagian saluran kencing, rektum hingga tenggorokan. Jika padda wanita penyakit ini dapat menyebabkan infeksi pada bagian leher rahim atau servik. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Tanda dan gejala yang sering muncul pada penyakit ini antara lain :

  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Sering keputihan
  • Pendarahan diluar waktu menstruasi
  • Sakit pada bagian perut bawah
  • Rasa gatal pada dubur
  • Dubur berdarah dan mengeluarkan nanah
  • Jika menyebar ke mata maka akan sakit mata dan jika menyebar ke sendi maka akan menyebabkan sendi sakit.

4. Vaginitis

Vaginitis merupakan salah satu penyakit kelamin yang menyerang wanita . Penyakit ini merupakan peradangan pada organ seksual yang terjadi pada bagian vagina. Biasanya penyakit ini ditandai dengan keputihan yang berlebihan, nyeri, dan gatal.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kandungan estrogen pada wanita menurun pada masa menopouse , selain itu masa pH yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan penyakit ini. Tanda dan gejala yang muncul antara lain :

  • Keputihan berwarna menjadi lebih kuning dan kehijauan
  • Bau vagina tidak sedap
  • Vagina sering gatal dan panas
  • Sakit saat buang air kecil
  • Sakit saat berhubungan seksual
  • Serta muncul pendarahan diluar siklus menstruasi.

5. Urethritis

Tidak hanya pada pria ternyata penyakit urethritis juga dapat menyerang wanita . Penyakit Urethritis merupakan salah satu penyakit infeksi yang menyebabkan peradangan pada bagian lapisan uretra , yaitu sebuah saluran kencing ke luar tubuh.

Pada wanita penyakit ini memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit ini karena letak anus yang lebih besar karena anus yang lebih dekat dengan bagian saluran kecil. Gejala yang dirasakan antara lain :

  • Sering sakit perut pada bagian bawah
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Keputihan tidak normal
  • Demam, meriang hingga menggigil
  • Dan sering merasa ingin buang air kecil.

6. Thrichomoniasis

Thrichomoniasis adalah salah satu jenis penyakit kelamin yang menyerang wanita yang biasanya ditularkan melalui hubungan seksual.Penyakit ini disebabkan oleh parasit jenis trichomonas vaginalis.

Tanda dan gejala yang muncul antara lain :

  • Merah dan  gatal pada bagian vagina
  • Tidak nyaman saat buang air kecil
  • Keputihan tidak normal seperti berbusa, berwarna kuning dan hijau
  • Bau tidak sedap pada selangkangan
  • Bengkak pada bagian selangkangan.
Sponsors Link

7. Radang Panggul

Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi pada bagian organ reproduksi pada wanita. Gejala yang muncul saat terkena penyakit ini antara lain rasa sakit dan nyeri pada bagian perut bawah dan panggul, sering terasa keputihan yang tidak nyaman , bau yang tidak sedap pada vagina, rasa sakit yang berlebihan saat melakukan hubungan seksual, sering demam dan menggigil, dan yang terakhir merasa sakit saat buang air kecil.

8. Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan salah satu jenis penyakit seksual yang menyerang kelamin. Biasanya ini menyerangpada seseorang yang terkena HIV/AIDS yang sudah terkena infeksi Human Papillomavirus.

Tanda dan gejala nya antara lain :

  • Daging kecil membengkak berwarna merah, kecil dan terletak pada bagian genital
  • Rasa tidak nyaman seperti gatal dan panas pada are genital
  • Mengeluarkan darah saat melakukan hubungan seksual.

9. AIDS

Penyakit ini merupakan penyakit kelamin akibat hubungan intim yang sangat berbahaya bahkan beresiko tinggi terhadap kematian .Selain itu penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh penderita sehingga menyebabkan tubuh yang semakin lemah.P enyakit ini juga dapat ditularkan melalui jarum suntik dan tranfusi darah.

Penyakit ini sangat mudah menyerang pada wanita, karena bisa saja ditularkan dari suaminya yang ternyata dahulu adalah pengguna sex aktif. Maka sangat dan harus diwaspadai jika muncul Tanda-tanda HIV Pada Wanita seperti menstruasi yang tidak teratur, mengalami pembengkakan getah bening, berat badan yang turun dengan drastis, dan lain sebagainya.

10. Herpes Genitalis

Selain pada pria wanita juga dapat terkena penyakit kelamin ini . Penyakit ini disebabkan oleh virus HSV , yang termasuk herpes simplex. Penyakit jenis ini dapat diobati namun tidak dapat disembuhkan.Wanita kerap tidak sadar bahwa terkena penyakit ini karena lecet terjadi di dalam vagina .

Tanda dan gejalanya biasanya yaitu :

  • Vagina berwarna merah dan ada ruam (bintik bintik)
  • Terdapat gelembung-gelembung yang berisi cairan
  • Selain itu terasa gatal dan panas
  • Demam yang tinggi

Penjelasan diatas merupakan beberapa jenis penyakit kelamin wanita dan pria. Jika terdapat tanda dan gejala yang dialami seperti diatas segerakan periksa ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih lanjut.

, , ,
Post Date: Thursday 27th, July 2017 / 04:48 Oleh :