Sponsors Link

Bisakah Hidup Odha Sampai Tua? Temukan Jawabannya Disini

Sponsors Link

ODHA atau Orang Dengan HIV AIDS di tubuhnya merupakan seorang pasien HIV yang membutuhkan beberapa penanganan yang tepat dalam mengatasi penyakitnya ini. Penyakit yang menjangkiti tubuhnya ini bukanlah jenis penyakit yang dapat dengan mudah di sembuhkan begitu saja dengan pengobatan yang kini tersedia. Penyakit HIV/AIDS masuk ke dalam jenis penyakit yang hingga kini masih belum mampu untuk disembuhkan walaupun dengan pengobatan yang telah berkembang sekalipun.

ads

Banyak jenis penyakit berbahaya lainnya yang dapat diatasi dengan menempuh jalan operasi atau pembedahan, namun hal ini tidak dapat berlaku pada penyakit yang satu ini. Virus HIV yang menjangkiti tubuh manusia dapat dengan cepat berdaptasi dengan kondisi tubuh yang ia jangkiti dalam waktu yang singkat sehingga baik tubuh maupun obat sulit untuk menangani sifat dari jenis virus HIV.

Banyak diantara para ODHA atau pasien HIV yang memiliki umur yang lebih singkat dari orang kebanyakan, terdapat beberapa factor yang dapat mendukung hal ini seperti pola hidup dari pasien HIV yang dapat memperburuk kondisi tubuhnya. Biasanya penyakit HIV/AIDS baru terdeteksi ketika tubuh mulai merasasakan gejala awal AIDS bukan gejala awal HIV.

Apa yang membedakan kedua gejala penyakit ini? Gejala awal AIDS umumnya akan memberikan dampak yang nyata kepada tubuh yang dijangkitinya sedangkan gejala awal HIV dapat seperti gejala penyakit ringan lainya seperti demam, flu, sakit kepala dan diare. Lalu apakah hidup ODHA sampai tua dapat terjadi? Hidup ODHA sampai tua dapat terjadi akibat ODHA atau pasien memerhatikan beberapa hal seperti berikut :

  1. Menyembuhkan penyakit AIDS yang dideritanya

Ketika pertama kali tubuh manusia menyadari kehadiran penyakit HIV/AIDS pada dirinya bisanya aktivitas virus telah memasuki tahap akhir dari infeksi. Tujuan akhir dari aktivitas ini ialah melumpukan seluruh system kekebalan tubuh yang dimiliki oleh tubuh yang dijangkitinya. Ketika tubuh telah mengalami hal ini maka berbagai serangan penyakit akan lebih mudah dialami oleh tubuh tersebut.

AIDS yang dialami oleh pasien HIV atau ODHA selama ini diketahui sebagai penyebab kematian yang sangat berpengaruh terhadap hidup mereka. Kematian akibat AIDS dapat saja terjadi karena tubuh yang sudah tidak kuat untuk menahan rasa sakit akibat berbagai jenis penyakit yang menggerogoti tubuhnya. Oleh karena itu apabila hidup ODHA sampai tua ingin tercapai ada baiknya untuk menyembuhkan penyakit AIDS yang dideritanya terlebih dahulu.

  1. Meningkatkan jumlah sel CD4 tubuh ODHA

Seperti yang diketahui jika virus HIV secara khusus hanya menyerang sel-sel system kekebalan tubuh manusia saja. Sel CD4 termasuk ke dalam system kekebalan tersebut, sel ini bekerja dalam melindungi sel darah putih oleh kerena itu kehadiran sel CD4 ini sangatlah diperlukan oleh tubuh. ODHA atau pasien HIV sudah dipastikan sel CD4 dalam tubuhnya akan menurun secara perlahan namun pasti dalam waktu beberapa tahun hingga akhirnya gejala AIDS dirasakan oleh tubuh penderita.

Banyak kasus dimana pasien HIV atau ODHA yang mampu untuk bertahan hidup hingga tua karena selalu menjaga sel CD4 tubuhnya tetap di atas jumlah normal. Dengan meningkatkan jumlah sel CD4 dalam tubuh maka tubuh akan tetap memiliki pertahanan dan tameng untuk melawan serangan penyakit lainnya walaupun terdapat virus HIV dalam tubuhnya.

Sponsors Link

  1. Menekan perkembangan virus HIV

Hidup ODHA sampai tua dengan cara berikutnya ialah dengan menekan perkembangan virus HIV. Dalam siklus hidup virus HIV, virus yag telah berkembang menjadi banyak akan terus memproduksi virus menjadi lebih banyak lagi dengan mengambil zat protein yang terdapat dalam sel yang ia rusak. Menekan perkembangan virus HIV bukan berarti jika kehadiran virus HIV benar-benar dapat dihilangkan tetapi hanya dapat bekerja agar virus tidak menjadi lebih banyak.

Saat ini untuk dapat menekan perkembangan virus HIV dalam tubuh pasien HIV atau ODHA dapat dilakukan dengan melakukan pengobatan terapi ARV dan ART. Pengobatan dengan ARV dan ART saat ini merupakan pengobatan yang paling maju yang dapat dinikmati oleh penderita penyakit HIV/AIDS.

Bebagai jenis pengobatan baik itu pengobatan dengan terapi tradisional atau medis sama-sama dapat bermanfaat bagi tubuh pasien HIV atau ODHA. Pada pengobatan medis seperti ARV dan ART yang mana memanfaatkan obat-obatan medis dalam pengobatannya memang memberikan kemajuan yang besar dalam mengatasi penyakit ini hanya saja jika pasien HIV atau ODHA telah melakukan pengobatan ini maka diwajibkan untuk seterusnya mengkonsumsi obat-obatan selama sisa umurnya. Mengkonsumsi obat-obatan medis dalam waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa efek samping terhadap tubuh seperti penumpukan lemak dan tubuh yang manjadi lebih mudah lelah.

, , ,
Post Date: Sunday 31st, December 2017 / 22:18 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup