Sponsors Link

Inilah 5 Faktor Penyebab Hiv Aids Di Indonesia yang Perlu Diwaspadai Masyarakat

Sponsors Link

Hiv aids adalah penyakit mematikan. Maka dari itu, faktor penyebab hiv aids di Indonesia harus segera diketahui. Karena inilah cara penderita aids bertahan hidup. Paling tidak, penyebab tersebut bisa menjadi alat pencegahan. Salah satunya ialah, menghindari gonta-ganti pasangan saat berhubungan seksual.

ads

Aids adalah penyakit akibat rendahnya imunitas yang tidak diimbangi dengan tanaman untuk meningkatkan cd4. Sehingga penderita mudah sekali diserang penyakit yang disebabkan oleh virus. Hal ini dikarenakan CD4 sudah rusak. Unsur sel darah putih ini sudah tidak bekerja dengan baik.

Karena itu, pastikan sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Jangan sampai menurun atau virus penyebab hiv akan muncul. Maka dari itu, segala penyebabnya harus dihindari.

1. Hubungan Seks

Faktor penyebab hiv aids di Indonesia yang pertama adalah hubungan seks. Biasanya ini menyerang pasangan yang melakukan making love secara sembarangan. Bahkan dengan memakai alat seks yang tidak steril.

Selain itu, seks oral juga menjadi penyebab penyakit ini. Apalagi jika mulut yang digunakan terdapat luka bernanah akibat makanan untuk meningkatkan cd4 yang salah kunyah. Tentu luka tersebut akan berpindah. Sehingga sekitar mulut mudah diinfeksi virus penyebab hiv.

Solusi untuk hal ini, ialah pastikan selalu berhubungan dengan sehat. Seperti menikah. Selain itu jauhi praktik ML yang kotor karena rawan menimbulkan masalah. Jika hiv sudah muncul tentu Anda akan menyesal. Belum lagi Aids selalu menghantui dan masih belum ditemukan obat yang manjur.

2. Berbagi Jarum Suntik

Jika anda pecandu narkoba dengan jarum suntik, berhati-hati saja dengan hiv dan segera lakukan pencegahan hiv aids di tempat kerja. Karena ternyata penyakit mematikan ini juga disebabkan oleh benda tersebut. Selain itu, jarum yang digunakan untuk cacah tubuh atau tato, juga menjadi faktor penyebab yang tak kalah berbahaya.

Atas dasar itu, sebisa mungkin jauhi benda haram tersebut. Itu pun jika Anda masih ingin memiliki imun yang sehat. Karena jika sistem kekebalan ini sudah rusak, penyakit ringan yang menyerang sekalipun bisa menjadi berat.

Yang paling miris ialah, aids juga disebabkan oleh jarum yang digunakan para pendonor darah dan alat suntik medis. Apalagi jika kadar sterilisasi-nya tidak maksimal. Maka dari itu, jika kebetulan melakukan aktivitas ini, pastikan alat suntik yang digunakan terbaru.

3. Transfusi Darah

Faktor penyebab penyakit hiv di Indonesia dan penyebab gejala hiv lanjutan yang selanjutnya ialah transfusi darah. Ini terjadi apabila, si pendonor darah memiliki kualifikasi darah yang sudah terkontaminasi virus. Sehingga penyakit tersebut akan berpindah kepada pasien.

Ini seharusnya tidak terjadi, jika dokter tidak asal memilih pendonor darah. Maka dari itu, sebelum memulai, hendaknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Jika darah positif mengandung hiv, lebih baik dibatalkan daripada menular kepada pasien.

Kasus ini sudah sering terjadi. Hanya demi karena menyelamatkan nyawa pasien yang kekurangan darah dengan terapi hiv aids, justru pendonor diambil secara asal. Maka dari itu, berhati-hatilah. Pastikan terlebih dahulu kalau pendonor benar-benar memiliki darah yang sehat.

Sponsors Link

4. Ibu Hamil

Faktor penyebab hiv bukan hanya anak remaja yang suka seks bebas, ibu hamil juga bisa menjadi penyebabnya. Bahkan untuk kasus ini, terkadang penyakit juga ditularkan pada sang janin.

Ada banyak unsur yang menjadikan ibu hamil rawan menularkan aids. Seperti keputihan, ari-ari, hingga masalah dengan air susu ibu. Kasus penularan dengan ASI merupakan masalah hiv terbesar yang hingga saat ini masih terus terjadi. Sekalipun ciri anak terkena aids sudah bisa dideteksi.

Karena itu, seorang ibu harus memeriksakan darahnya secara rutin. Jika perlu, lakukan tiap tiga bulan sekali. Selain untuk melihat perkembangan bayi, kondisi darah sang bunda juga perlu diketahui.

Langkah ini perlu dilakukan supaya ketika lahiran, anak tidak mewarisi aids dari ibunya. Karena jika ini terjadi, tentu kehidupan si bayi tidak akan indah.

Sponsors Link

5. Sariawan dan Luka

Penyebab utama penularan hiv adalah Darah. Bahkan darah adalah penyebab terbesar menularnya penyakit aids. Maka dari itu, waspadai jika ada anggota tubuh yang terluka. Contohnya adalah borok, sariawan, gusi berdarah dan selainnya. Jika mulut mengalami hal tersebut, maka jangan lakukan seks oral. Karena darah bisa berpindah menyebabkan kumpulan virus semakin besar.

Selain itu, pastikan Anda tidak menyentuh cairan luka dari orang lain. Baik yang berupa darah maupun nanah. Karena jika orang sudah terinfeksi hiv, biasanya darah dan nanahnya juga mengalir virus tersebut. Jika cairan ini tersentuh, tentu Anda juga berpeluang untuk mengalaminya. Kecuali dilakukan cara mencegah virus hiv berkembang yang mahal.

Maka dari itu, jika ada luka sesedikit apapun segera obati dan bersihkan. Jika tidak kunjung sembuh, lebih baik cek darah di rumah sakit.

Itulah beberapa faktor penyebab hiv aids di Indonesia dan cara penyebaran aids terbaru yang tidak boleh diremehkan. Itu pun jika Anda ingin selamat. Terbebas dari penyakit yang hingga saat ini masih tidak terobati tersebut.

, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, October 2019 / 04:11 Oleh :
Kategori : Penyebab