Sponsors Link

CST Untuk Menyelamatkan Pasien HIV AIDS

Sponsors Link

Kebutuhan perawatan dan dukungan pasien dengan HIV-positif sangat bervariasi dan CST (Care, Support, anda Treatment Tools) merupakan wadah untuk membantu perawatan dan dukungan kepada pasien HIV AIDS. Di samping itu juga memberikan pendidikan kepada pendamping odha tentang cara menghindari HIV selama mendampingi kehidupan odha yang tinggal serumah dengannya.

ads

Dukungan dan perawatan pun bervariasi sesuai dengan tahap infeksi. Orang yang terinfeksi HIV umumnya tidak menunjukkan gejala selama awal tahun. Umumnya bisa sampai bertahun-tahun dan gejala awal terinfeksi HIV baru akan dirasakan atau terlihat ketika ada pemicu yang ekstrim seperti kekebalan tubuh yang turun.

Rata-rata dalam pemeriksaan medis ditemukan bahwa virus HIV AIDS sebetulnya bisa berada di dalam tubuh antara enam hingga delapan tahun. Ketika kekebalan menurun dari waktu ke waktu orang tersebut menjadi rentan terhadap berbagai infeksi oportunistik dan mulai memperlihatkan juga penyakit pada sistem eskresi.

Tujuan CST

Pada tahap ini, perawatan medis dan dukungan psiko-sosial diperlukan. Akses ke diagnosis dan pengobatan Infeksi oportunistik yang diperlukan untuk memastikan bahwa odha hidup lebih lama dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Di bawah NACP-II, fokus diberikan pada perawatan berbiaya rendah, dukungan dan pengobatan Infeksi Oportunistik juga harus diberikan. Selain semakin meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan keterjangkauan fungsi obat ARV untuk orang miskin, NACP-III berencana untuk memperkuat perawatan keluarga dan masyarakat melalui dukungan psiko-sosial untuk individu, lebih khusus untuk perempuan dan anak-anak yang terpinggirkan yang terkena dampak epidemi, meningkatkan kepatuhan terhadap rejimen ART yang ditentukan, dan mengatasi stigma dan diskriminasi yang terkait dengan epidemi. Dukungan itu terlembaga ke dalam wadah bernama CST.

Untuk mencapai tujuan ini, 350 Pusat Perawatan Masyarakat direncanakan akan didirikan selama periode program (2007-2012) dalam kemitraan dengan ODHA di kabupaten dengan prevalensi tinggi dan prevalensi sedang. Pusat-pusat pendampingan ini akan didirikan berdasarkan profil epidemiologi dan beban Odha di masing-masing kabupaten. Kelengkapan medis ini juga dihubungkan ke pusat ART terdekat.

Pusat-pusat ini akan memberikan konseling untuk kepatuhan obat, kebutuhan gizi, dukungan perawatan, rujukan dan penjangkauan untuk tindak lanjut, dukungan sosial, sosialisasi cara mencegah AIDS pada anak, dan layanan hukum. Sementara itu, lembaga pemerhati AIDS ini juga akan dintegrasikan ke pemerintah supaya dapat memastikan akses kelompok berisiko tinggi ke pusat perawatan masyarakat melalui hubungan antara TI dan pusat tersebut.

Perawatan dan Dukungan untuk Anak-anak

Sekitar 50.000 anak di bawah 15 tahun terinfeksi HIV setiap tahun. Sejauh ini, respons perawatan dan dukungan terhadap anak-anak ini berada pada tingkat yang sangat minim. CST baik untuk membantu meningkatkan perawatan dan dukungan ini melalui diagnosis dini dan perawatan anak yang terpapar HIV.

Pelaksanaan kerjanya berpedoman secara komprehensif tentang perawatan HIV pediatrik untuk setiap tingkat sistem kesehatan, pelatihan khusus untuk konselor guna mendampingi anak-anak yang positif HIV dan mendampingi orang tua untuk menghindarkan anak dari penyebab AIDS pada anak.

Sponsors Link

CST membantu hubungan dengan program sektor sosial untuk mengakses dukungan sosial untuk anak-anak yang terinfeksi. Sementara itu diharapkan pemerintah dapat memberikan subsidi penjangkauan dan transportasi untuk memfasilitasi ART dan dukungan tindak lanjut, nutrisi, pendidikan, rekreasi dan pengembangan keterampilan, dan dengan menetapkan dan menegakkan standar minimum perawatan dan perlindungan dalam sistem perawatan institusional, asuh dan berbasis masyarakat.

Fungsi Umum CST

Sebagaimana arti dari CST yang merupakan suatu layanan medis, psikologis dan sosial yang terpadu dan berkesinambungan untuk membantu meringankan masalah yang dihadapi oleh odha selama perawatan dan pengobatan.

Implemetasi perawatan bersifat komprehensif berkesinambungan, yaitu perawatan yang melibatkan jaringan sumber daya dan pelayanan dukungan secara holistik dan luas untuk ODHA maupun keluarganya. CST berfungsi untuk menghubungkan antara perawatan di rumah sakit dengan perawatan di rumah, antara pasien dengan perawat dan orang yang hidup dengan odha.

Dukungan merupakan pengobatan aspek psikologis klinis dan sosial. Upaya dapat berupa konseling pendampingan psikoterapi oleh konselor dan psikoreligi oleh pemuka agama sesuai keyakinan ODHA.

Treatment yang akan diberikan oleh CST) pada dasarnya mencakup aspek medis klinis, psikologis klinis, dan sosial, yang antara lain meliputi:

Sponsors Link

  • Memberisaran dan arahan tentang cara pemeriksaan CD4
  •  Pengobatan supportif
  • Profilaksis infeksi oportunistik (IO)
  • Terapi Antiretroviral (ARV)
  • Memberi layanan perawatan, dukungan, pengobatan bagi ODHA agar dapat hidup positif dan berkualitas, mengurangi kesakitan dan kematian.
  • Memberi arahan cara mencegah aids pada anak khususnya pada ibu yang sedang hamil dengan kondisi positif HIV

Pada intinya CST merupakan layanan konseling dan test HIV secara sukarela dan konfidensial kepada individu sehubungan dengan permasalahan HIV/AIDS. CST menempatkan individu atau klien sebagai pusat pelayanan berdasarkan kebutuhannya serta membimbing pasien untuk dapat mengambil keputusan-keputusan pribadi yang berkaitan dengan HIV/AIDS.

Demikian pemaparan tentang CST yang diharapkan dapat memperluas cakrawala pengetahuan pembaca tentang HIV AIDS dan berbagai macam upaya pengobatannya.

Untuk anda yang belum terinfeksi sebaiknya tetap menjaga kesehatan anda dengan pola dan gaya hidup yang sehat. Selain itu yang paling penting adalah tidak menjauhi odha melainkan merangkul dan mendampinginya melewati masa-masa terberatnya.

Untuk anda yang belum terinfeksi sebaiknya tetap menjaga kesehatan anda dengan pola dan gaya hidup yang sehat. Selain itu yang paling penting adalah tidak menjauhi odha melainkan merangkul dan mendampinginya melewati masa-masa terberatnya.

, , ,
Post Date: Monday 31st, December 2018 / 08:34 Oleh :
Kategori : Pengobatan