Sponsors Link

7 Ciri Anak Terkena AIDS yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Apakah ada perbedaan ciri anak terkena HIV AIDS dengan orang dewasa? Ada perbedaan yang spesifik, hal itu tentu saja berkaitan dengan kondisi fisik, kapan waktu anak terinfeksi virus HIV, dan bagimana cara penularannya.

ads

Berikut ini beberapa hal yang secara umum dapat dijabarkan tentang ciri anak terkena AIDS yang perlu anda ketahui.

1. Memperlihatkan Gejala Awal Terinfeksi HIV Sejak Dilahirkan

Bila seorang anak lahir dari ibu yang terinfeksi HIV AIDS,  ada kemungkinan besar anak sudah terinfeksi sejak dalam kandungan. Ciri anak terkena AIDS kemudian dapat dilihat ketika dia sudah dilahirkan apakah memperlihatkan gejala awal terinfeksi HIV atau tidak.

Gejala awal anak terinfeksi HIV itu bisa berupa berat badan anak tidak menunjukkan peningkatan secara jelas. Berat badannya yang sulit bertambah jelas dipengaruhi oleh suatu hal yang mampu menekan sistem pertumbuhan natural yang seharusnya dapat bekerja dengan baik di tubuh anak.

Hal itu harus segera dicurigai, dokter pasti akan melakukan tes pada anak tersebut untuk mencari tahu seberapa parah anak telah terinfeksi.

Infeksi HIV pada anak yang baru lahir biasanya akan mempengaruhi sistem matabolisme lemak dalam tubuh. ketika metabolisme terganggu pasti akan mengganggu sistem pencernaan, sehingga ketika anak mendapatkan makanan sistem pencernaan tidak dapat menyerap dengan baik. Secara otomatis tubuh anak tidak mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan biologisnya.

2. Gangguan perkembangan

Gejala HIV pada anak berikutnya yang jelas harus diwaspadai sehingga akan berujung pada ciri anak terkena AIDS ialah terjadi gangguan perkembangan. Saat anak tidak dapat mencerna makanan yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhannya, saat itu juga akan terjadi keterlambatan perkembangan. Sistem yang dapat terlihat secara kasat mata ialah sistem motorik anak tidak dapat menunjukkan perkembangan signifikan seperti perintah duduk, tengkurap, merangkak, dan juga berdiri.

Step by step perkembangan tersebut terhenti karena otak sebagai organ yang memerintah organ lainnya tidak mendapatkan pemicu yang tepat untuk melakukannya.

3. Muncul Sariawan yang Berulang di Bibir Anak

Ciri anak terkena AIDS berikutnya sama dengan orang dewasa yang menunjukkan infeksi di bagian bibir. Infeksi tersebut nampak serupa dengan sariawan. Anda harus tahu tanda-tanda Sariawan yang disebabkan oleh HIV AIDS.

Sariawan ini tidak mudah sembuh, dan ketika sembuh, penyakit ini dapat kambuh kembali dengan cepat. Ciri-ciri HIV pada mulut seperti sariawan ini dipengaruhi oleh jamur Candida. Kondisi ini dapat menyebabkan penderita kesulitan makan.

Sponsors Link

4. Mengalami infeksi telinga atau infeksi paru

Gejala klinis lainnya yang dapat muncul dan disebut sebagai salah satu di antara ciri anak terkena AIDS ialah anak mengalami infeksi telinga atau infeksi paru. Kedua infeksi itu bahkan bisa terjadi secara bersamaan.

Bila hal ini terjadi ini menandakan kekebalan tubuh anak sudah menurun sangat jauh. Dibutuhkan suplemen untuk meningkatkan CD4 yang dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh kembali stabil dan infeksi lainnya dapat dicegah.

5. Anak Sering Kejang

Anak yang terkena AIDS akan sering mengalami kejang. Ciri anak terkena AIDS ini terjadi karena adanya gangguan pada fungsi sarafnya dalam menjalankan tugas. Kejang-kejang ini dapat terjadi kapan saja tanpa atau didahului dengan demam terlebih dahulu. Anak-anak normal biasanya akan menunjukkan demam terlebih dahulu sebelum kejang.

Namun anak dengan infeksi AIDS, hal itu bisa saja tidak terjadi, sehingga diperlukan sikap orang tua yang tidak panik ketika menangani masalah ini. Konsultasikan dengan dokter bila hal ini kerap terjadi agar segera mendapatkan penanganan yang terbaik dari dokter spesialis HIV di Jakarta atau yang lainnya.

6. Muncul Ruam kemerahan di kulit

Sama seperti orang dewasa, ciri anak terkena AIDS berikutnya ialah kulitnya menunjukkan ciri-ciri kulit yang kena HIV yakni munculnya ruam kemerahan pada kulit. Ruam merah itu nampak tidak menonjol, namun dapat menimbulkan infeksi lainnya seperti herpez atau cacar air. Bila hal ini kerap terjadi, menandakan anak sudah mulai mudah terserang infeksi sebab kekebalan tubuhnya menurun drastis.

Sponsors Link

7. Sering Mengalami Diare

Anak yang terkena AIDS akan sering mengalami berbagai macam penyakit termasuk diare. Diare orang HIV berbeda dengan orang normal. Perbedaan itu terkait dengan volume cairan dan frekuensi kejadiannya. Ciri-ciri diare pada penderita HIV bisa terjadi lebih sering karena pengaruh obat ARV, di samping itu volume cairan yang dikeluarkan juga lebih banyak dari orang normal yang mengalami diare.

Hal itu terjadi karena bisa jadi anak mengalami infeksi oportunistik. Infeksi ini berkaitan dengan infeksi pada jaringan kesehatan tubuh di mana ini jugua menandakan sistem kekebalan tubuh tidak dapat bekerja secara layak menyebabkan berbagai macam virus, bakteri, dan jamur penyebab penyakit mudah menyerang anak dengan AIDS.

Infeksi yang kerap dijumpai pada anak-anak terinfeksi HIV AIDS antara lain seperti Pneumosistis pneumonia, sitomegalovirus (CMV), Keloid, jamur di mulut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian pemaparan tentang ciri anak terkena AIDS yang harus diketahui setiap orang tua. Dibutuhkan kesiapan mental dan ilmu yang tepat untuk mendukung kehidupan odha. Di samping mendorong mereka tetap sehat, anda sendiri juga harus tetap menjaga kesehatan dan menghindarkan diri dari faktor risiko HIV AIDS.

, , ,
Post Date: Friday 30th, November 2018 / 03:55 Oleh :
Kategori : Pra AIDS