Sponsors Link

5 Cara Pencegahan Virus HIV Yang Dapat Dilakukan Anak Muda

Sponsors Link

Virus HIV merupakan penyebab utama timbulnya penyakit AIDS yang merupakan kumpulan gejala akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh dalam jangka waktu yang lama. Virus HIV tidak dapat menyerang tubuh mahluk hidup lainnya selain manusia, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor dari sifat dasasr virus HIV itu sendiri. Virus jenis ini diketahui merupakan salah satu jenis virus yang sangat rentan terhadap lingkungan luar dari tubuh yang diinfeksinya dan juga membutuhkan sel T yang hanya terdapat dalam tubuh manusia sebagai inang virus untuk berkembang dan bertahan dalam tubuh.

ads

Virus yang satu ini juga diketahui sebagai jenis virus yang membutuhkan beberapa persiapan selama dalam tubuh untuk mampu membelah diri dan akhirnya menularkan virus ke sel CD4 lainnya dengan kata lain virus HIV tidak akan menimbulkan gejala secara langsung ketika tubuh pertama kali terinfeksi. Dampak dari virus ini sendiri bagi manusia selama ini telah mampu untuk menciptakan sebuah wabah penyakit yang telah dapat diderita oleh tubuh siapa saja tanpa memerlukan pemenuhan syarat atau aspek tertentu dalam terjangkiti virus HIV.

Penyakit HIV/AIDS agar tidak diderita oleh tubuh memerlukan beberapa cara pencegahan virus HIV selain utnuk mencegahnya menyerang tubuh juga dapat menjadi sebuah bentuk pencegahan agar virus ini tidak menular ke lainnya. Cara pencegahan HIV yang dapat dilakukan yaitu :

  1. Tidak melakukan seks bebas

Dari waktu ke waktu pola dan cara hidup masyarakat terus mengalami perombakan menuju kehidupan instan dan bebas tanpa memerhatikan batasan-batasan yang sejak dahulu yang telah ada. Kehidupan bebas terutama di kota besar membuat beberapa orang melakukan berbagai tindakan dan aktivitas di luar dari norma masyarakat seperti melakukan seks bebas.

Seks bebas merupakan salah satu cara penularan yang efektif dalam menularkan virus HIV dari tubuh yang telah terjangkiti virus ke tubuh yang sehat. Seks bebas cenderung melakukan seks dengan cara berganti-ganti pasangan setiap saat, hal ini dapat meningkatkan peluang penularan virus HIV. Dengan tidak tergiur akan tindakan seks bebas dapat membuat menjadi sebuah cara pencegahan virus HIV dan juga sebagai cara pencegahan AIDS agar tidak lebih meluas dan menular kebanyak orang.

  1. Tidak menggunakan narkoba

Penggunaan Narkoba yang kian marak saat ini merupakan salah satu bagian dari kehidupan bebas dijaman yang modern. Narkoba dapat menjadi sarana yang empuk bagi virus HIV untuk melakukan penularan dengan melalui jarum suntik yang biasanya digunakan dalam mengkonsumsi beberapa jenis narkoba tertentu dan tentunya jarum ini biasanya digunakan secara ramai-ramai. Tidak mengkonsumsi narkoba tidak hanya dapat menjadi cara pencegahan virus HIV namun juga dapat membuat tubu tetap sehat karena menghindari ketergantungan terhadap pemakaian obat terlarang ini.

  1. Jauhi Seks oral

Seks oral diketahui sebagai salah satu jalan alternatif yang sering dilakukan dalam kegiatan seks karena biasanya hal ini dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan alat kelami sehingga dapat menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. Virus HIV terdapat dalam cairan kelamin baik yang dimiliki oleh wanita ataupun prima, sehingga seks oral juga memiliki resiko yang tinggi untuk menularkan virus HIV secara tidak langsung, sehingga salah satu cara pencegahan HIV AIDS dapat dengan tidak melakukan seks oral.

  1. Standar penggunaan jarum suntik

Cara pencegahan virus HIV selanjutnya adalah lebih memerhatikan penggunaan jarum suntik yang hendak dipakai apakah sudah sesuai dengan prosudernya yaitu menggunakan jarum suntik baru untuk setiap orang. Penggunaan jarum suntik yang tidak steril terutama apabila digunakan untuk mengambil darah, dapat menyebabkan tubuh mendapatkan resiko yang tinggi untuk tertular HIV.

Sponsors Link

  1. Edukasi penyakit HIV/AIDS

Penyuluhan yang diberikan kepada masyarakat maupun kepada anak sekolah dapat menjadi sebuah edukasi yang menambah luas wawasan mengenai apa sebenarnya HIV itu. Edukasi yang diberikan inidapat berupa mengenali gejala awal HIV sehingga dapat menyadarkan orang-orang mengenai bahayanya tubuh jika tertular HIV dan bagaimana cara yang tepat dalam menyingkapi ODHA dalam lingkungan bemasyarakat dan bagaimana cara pencegahan agar tidak tertular HIV. Penyuluhan ini juga dapat menimbulkan kesadaran dalam diri mengenai cara pencegahan virus HIV agar tidak menyerang dan terjadi pada orang-orang disekeliling lingkungan hidup.

Terdapat sebuah tindakan yang merupakan dasar yang dapat membuat ODHA secara sengaja menularkan penyakit yang dideritanya yaitu karena tanggapan dari orang sekitarnya yang mengucilkan dan memojokan ODHA. Dengan tidak melakukan diskrimasi dan memberikan pengertian kepada ODHA dapat membantu kehidupan mereka menjadi lebih baik secara mental. Walaupun kasus yang seperti ini jarang ditemukan, setidaknya lebih baik mencegah dari pada mengatasinya dikemudian hari.

, , ,
Post Date: Friday 24th, November 2017 / 03:39 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup