Sponsors Link

4 Cara Pencegahan HIV/AIDS Pada Remaja Saat Ini

Sponsors Link

Di dunia ini terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh dan beberapa diantaranya dapat di golongkan sebagai penyakit yang berbahaya. Salah satu penyakit yang mulai banyak menyerang manusia yaitu penyakit HIV/AIDS. Sejak kehadiran virus pertama kali dalam tubuh manusia banyak orang yang telah menjadi korban, awal mulanya keberadaan virus HIV hanya terdapat pada satu wilayah saja namun karena semakin majunya transportasi yang membuat perpindahan manusia menjadi begitu cepat membuat virus HIV ikut menyebar ke seluruh dunia dengan cepat pula.

ads

Infeksi virus sebagai tanda tertular HIV kini tidak hanya dapat terjadi pada tubuh orang dewasa saja namun juga dapat terjadi pada anak-anak dan remaja oleh karena itu beberapa tindakan pencegahan perlu dilakukan agar penyebaran penyakit ini tidak semakin luas dan menyerang banyak orang. Salah satu tindakan pencegahan penyakit yang dapat dilakukan dapat seperti cara pencegahan HIV AIDS pada remaja, beberapa cara pencegahannya yaitu seperti :

  1. Memberikan edukasi seks sesuai dengan usia remaja

Ketika seorang anak telah memasuki usia remaja atau sedang memasuki usia remaja mereka cenderung memiliki pemikiran yang lebih kritis dari pada orang dewasa dan anak-anak. Tingkat keingin tahuan pada usia remaja cenderung sedang berada dipuncaknya oleh karena itu tidak heran jika para remaja lebih susah diatur dalam melakukan suatu hal.

Namun pada saat inilah mereka harus dibentuk karakter dan kepribadiannya dengan ketat agar mereka dapat menjadi seorang dewasa yang baik ke depannya, Cara pencegahan HIV AIDS pada remaja yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi atau pembelajaran mengenai seks yang mana materi pembelajarannya harus disesuaikan dengan usia mereka pada saat itu.

Pembelajaran mengenai seks memang bagi remaja agak memalukan untuk di bahas namun hal ini akan memberikan arah pemikiran yang matang mengenai apa sebenarnya seks itu dan dampak yang timbul akan seperti apa jika melakukannya sedari dini.

Pembelajaran dengan matei seks pada remaja dapat memberikan suatu pandangan yang berbeda pada mereka ketika hendak mengambil suatu tindakan yang dapat meningkatkan resiko tubuh menderita HIV/AIDS serta menggambarkan apa dampak AIDS terhadap kehidupan sosial mereka.

  1. Memberikan penyuluhan kepada remaja dalam lingkungan sekolah dan keluarga

Cara pencegana HIV AIDS pada remaja lainnya dapat berupa memberikan penyuluhan kepada remaja baik itu dalam lingkungan sekolah atau dalam lingkungan keluarganya. Tindakan penyuluhan yang diberikan kepada remaja dapat juga mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS, dalam materi penyuluhan remaja akan mendapatkan berbagai informasi seputar virus HIV dan penyakit AIDS yang dapat menyebabkan kematian.

Materi-materi yang diberikan tentunya disesuaikan dengan usia para remaja dan dapat dengan mudah dimengerti oleh mereka. Penyuluhan mengenai HIV/AIDS dapat menyadarkan mereka sedari dini mengenai arti pentingnya menjaga kesehatan tubuh dalam jangka waktu panjang serta mewaspadai dampak AIDS terhadap tubuh mereka yang masih muda.

Sponsors Link

  1. Larangan penggunaan narkotika

Seperti yang diketahui bahwa penggunaan obat-obatan terlarang merupakan salah satu media penularan virus HIV dengan suatu cara tertentu. Pada usia remaja, mereka cenderung memiliki keingin tahuan yang tinggi sehingga tidak heran jika para remaja terkadang dapat nekat untuk melakuakan suatu hal yang mereka inginkan.

Menjajal kehidupan hedonism saat ini banyak dilakukan oleh para remaja semata-mata mencari sensasi kesenangan dunia orang dewasa yang mereka lihat begitu menyenangkan.

Pemikiran remaja dapat dengan mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya sehingga ada kemungkinan mereka menjadi tergiur untuk mencoba narkoba dan akhirnya menjadi kecanduan. Narkoba yang digunakan dengan cara menyuntikan obat ke tubuh

dapat meningkatkan resiko remaja terinfeksi virus HIV tanpa disadari dan mengalami dampak AIDS bagi remaja. Larangan penggunaan narkoba oleh remaja tidak semata-mata hanya menjadi sebuah larangan saja namun juga harus disertai dengan tindakan lembaga seperti sekolah dan keluarga dalam mencegah remaja terjerumus dalam mencoba narkotika.

Sponsors Link

  1. Dampak seks bebas jika dilakukan

Seks bebas merupakan penyumbang terbesar dalam proses penularan virus HIV dari tubuh yang terinfeksi dengan tubuh sehat lainnya. Seks bebas di kota-kota besar seperti Jakarta merupakan suatu hal yang lumrah untuk dilakukan oleh para remaja yang masih dalam usia sekolah. Seks bebas yang dilakukan dapat berdampak pada remaja yang terpaksa untuk berhenti sekolah.

Dalam kondisi seperti ini baik sekolah dan keluarga memiliki peran yang besar dalam menjaga dan mempengaruhi pola piker para remaja untuk tidak melakukan seks bebas. Tindakan seks bebas di jaman yang semakin modern ini memang bukanlah suatu hal yang dapat diremehkan dampaknya bagi para remaja. Lingkungan pergaulan dan teman-teman yang dekat dengan mereka dapat menjadi faktor pengaruh bagaimana remaja akan bertindak ke depannya.

Cara pencegahan HIV AIDS pada remaja cenderung lebih sulit untuk dilakukan mengingat pada usia remaja mereka cenderung memiliki pemikiran yang lebih bebas serta tidak ingin dikekang oleh adat dan budaya yang mereka anggap terlalu menyulitkan. Di sini peran keluarga sebagai tempat yang paling dekat dengan mereka akan sangat memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan mereka di tengah-tengah masyarakat serta ada baiknya menghindari tahap awal infeksi HIV akibat penularan yang mungkin saja terjadi.

, , ,
Post Date: Wednesday 27th, December 2017 / 10:47 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup