Sponsors Link

5 Cara Merawat ODHA di Rumah Yang Tepat

Sponsors Link

Tubuh seseorang yang telah terinfeksi oleh virus HIV biasanya dipanggil dengan sebutan ODHA, yaitu Orang Dengan HIV/AIDS. Tubuh yang terinfeksi virus HIV secara perlahan akan kehilangan sistem kekebalan tubuhnya dalam melawan serangan penyakit yang dapat berasal dari infeksi virus, bakteri maupun jamur. Oleh sebab itu penyakit yang di timbulkan dari infeksi virus HIV ini dapat menimbulkan serangkaian penyakit yang biasanya disebut sebagai penyakit AIDS.

ads

Pasien ODHA cenderung lebih memilih untuk melakukan pengobatan dan aktivitasnya di rumah sakit ataupun di tempat rehabilitasi, namun banyak juga diantara mereka yang lebih memilih untuk kembali ke rumah dan berkumpul bersama dengan keluarganya. ODHA dapat di rawat dan melakukan pengobatan di rumah, terdapat beberapa cara merawat ODHA di rumah yang tepat, yaitu seperti :

  1. Anggota keluarga mengenal HIV/AIDS lebih jauh

Cara merawat ODHA di rumah yang pertama adalah anggota keluarga mempelajari dan mengenal lebih jauh mengenai apa itu sebenarnya HIV/AIDS dan bagaimana tips merawat penderita HIV AIDS di rumah. Karena penyakit ini telah menjadi suatu wabah penyakit yang telah banyak dikenal dengan luas, banyak informasi dan pengetahuan yang akurat seputar penyakit HIV/AIDS ini.

Pasien ODHA akan merasa lebih nyaman dengan lingkungan yang menerima penyakit yang sedang dialaminya, sehingga membuat pasien lebih mudah terbuka walau hanya untuk sekedar berbicara ada berinteraksi dengan orang lain. Pengetahuan seputar penyakit HIV/AIDS juga dapat merubah pola pikir seseorang mengenai ODHA sehingga tindak diskriminasi terhadap mereka dapat dihindari.

  1. Tidak mendiskriminasi dan mengurung pasien

Mengurung pasien ODHA dalam suatu ruangan tertutup merupakan salah satu cara merawat ODHA di rumah yang salah. Pasien walaupun terjangkit oleh penyakit yang dapat menyebabkan kematian secara mental juga membutuhkan interaksi sosial dengan orang lain karena mereka juga tetaplah mahluk sosial.

  1. Mengajak ODHA berinteraksi dan berbincang

Pasien ODHA ketika megetahui jika tubuhnya memiliki penyakit berbahaya secara tidak langsung hal ini akan mengguncang mental yang dimilikinya, hal ini akan diperparah dengan sikap orang disekitarnya yang seolah memandang ODHA sebagai sebuah aid ditengah masyarakat. Mengajak ODHA untuk berbincang dan berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya merupakan salah satu cara merawat ODHA di rumah yang dapat membantu kesehatan mental pasien dan dapat menjadi salah satu cara berteman dengan ODHA di rumah.

  1. Melibatkan pasien dalam segala aktivitas

Banyak presepsi yang salah dan keliru mengenai penularan virus yang berasal dari ODHA sehingga membuat orang-orang di sekitarnya enggan untuk mendekati bahkan untuk berada di dekat ODHA karena takut akan penularan HIV melalui pakaian. Namun perlu diketahui bahwa virus HIV hanya dapat di tularkan melalui cairan tubuh manusia yang didalamnya terkandung sel CD4 atau sel sistem kekebalan tubuh manusia  dan penularan HIV melalui keringat tidak mungkin dapat terjadi.

Sponsors Link

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengajak pasien untuk terlibat dalam berbagai aktivitas selain dapat membuat kesehatan ODHA menjadi lebih baik juga dapat membantu membuka perasaannya terhadap sekitar bahwa masih banyak orang disekitarnya yang peduli dan mengerti.

  1. Mengontrol kesehatan tubuh ODHA dan rutin memberikannya obat

Hal terpenting dalam memperjuangkan hidup dari pasien ODHA adalah selalu membantu ia untuk menjalani hidup sehat serta rajin dalam mengkonsumsi obat yang telah diberikan sebagai cara menjaga kesehatan penderita hiv. Dengan demikian gejala dan tanda akibat virus HIV dapat berkurang kemunculannya.

Sebenarnya terdapat berbagai macam cara dalam merawat seorang pasien di rumah diluar dari cara yang telah disebutkan diatas. Pasien ODHA membutuhkan dukungan tak hanya berasal dari dalam dirinya namun juga memerlukan dorongan dari luar yang dapat berasal dari perhatian dan dukungan keluarga dan sahabat.

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 08th, November 2017 / 04:20 Oleh :
Kategori : Info HIV AIDS