Sponsors Link

9 Cara Meningkatkan CD4 Secara Alami dan Efektif

Sponsors Link

HIV AIDS memang penyakit yang dihindari oleh banyak orang karena penyakit ini disebabkan oleh virus berbahaya yang dapat membunuh perlahan-lahan dengan cara mengurangi kemampuan sistem kekebalan tubuh.

ads

Oleh karenanya, dibutuhkan penanganan hidup yang tepat bagi seorang odha agar bisa bertahan hidup. Supaya berapa lama odha bisa bertahan hidup menjadi lebih lama dibutuhkan obat, makanan, dan gaya hidup yang sesuai.

Salah satu cara untuk meningkatkan kesempatan hidup odha ialah dengan meningkatkan pula cd4 atau sel kekebalan tubuh.

Berikut ini adalah cara meningkatkan cd4 secara alami untuk odha.

1. Dengan pengobatan TB

Dengan pengobatan TB, odha dapat meningkatkan cd4 atau sel kekebalan tubuhnya. Odha harus memonitor jumlah cd4nya setiap tiga bulan sekali dan tetap minum ARV meski sedang minum obat TB dan suplemen lainnya untuk membanut pertahanan sel kekebalan tubuh.

Di samping minum obat TB, diharapkan pula proses ini didukung dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi dalam jumlah yang cukup. Selain itu, diharapkan juga dalam kondisi yang terjaga kebersihannya. Perhatikan komposisi makanan yang dikonsumsi, mulai dari kalori, protein, vitamin, dan lain-lainnya jumlahnya harus seimbang.

2.  Tempe

Tempe merupakan bahan makanan yang mudah ditemukan. Harganya pun terjangkau di pasaran. Untuk odha, bahan makanan ini sangat penting karena mengandung protein yang tinggi. Tempe dengan segala macam olahannya direkomendasikan kepada odha tidak hanya karena kandungan proteinnya saja, tetapi juga vitamin B12 yang dapat membantu mempercepat peningkatkan sel kekebalan tubuh atau sel cd4 secara alami.

3.  Kelapa

Di samping bahan alami seperti tempe, kelapa juga bisa menjadi bahan alami untuk meningkatkan dan sekaligus menjaga jumlah cd4 atau sel kekebalan tubuh lebih kuat di dalam tubuh untuk melawan virus HIV. Kelapa dan berbagai macam olahan dari bahan kelapa ini dapat menjadi bahan makanan bermanfaat untuk Odha.

Kelapa dapat memenuhi kebutuhan lemak dan membantu menaikkan berat badan. Di samping itu, kandungan kelapa juga bisa menambah jumlah energi dalma tubuh karena mengandung medium chain triglycerides (MCT) yang mudah diserap oleh tubuh.

4. Wortel

Untuk meningkatkan sel cd4 atau sel sistem imun dalam tubuh odha, wortel dapat diandalkan karena mengandung beta-karoten. Kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membentuk cd4 atau sel kekebalan tubuh baru.

Wortel juga mengandung vitamin E yang memiliki peran dapat melindungi sel kekelaban tubuh. di samping itu juga terkandung vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari infeksi untuk membantu proses pemulihan tubuh akibat terkena HIV

Sponsors Link

5. Kembang Kol

Bahan makanan yang terlihat biasa saja ini nyatanya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sel CD4 secara alami. Di samping itu, kembang kol dapat meningkatkan sel darah merah sehingga menghindarkan odha dari anemia.

Kembang kol dapat memperkuat sistem imun karena kandungan zat besi, zink, dan mangan di dalam bahan makanan ini sangat tinggi. Kembang kol akan membantu odha untuk mencegah kekurangan zat gizi mikro. Seterusnya kandungan di dalam kembang kol dapat membantu pembentukan sel kekebalan tubuh atau sel CD4 yang baru.

6. Alpukat

Buah alpukat tidak hanya baik untuk orang sehat, untuk individu yang memperlihatkan tanda terkena virus HIV, alpukat dapat memberikan manfaat yang baik. Jika rajin mengonsumsi jus alpukat sejak gejala awal muncul, kandungan alpukat dapat menghambat perkembang sel virus dan meningkatkan sel kekebalan tubuh CD4 secara alami.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang tinggi sehingga membantu mempertahankan sel kekebalan tubuh. di samping itu, alpukat juga mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol serta menghambat replikasi HIV (gluthation) di dalam tubuh.

7. Manggis dan kulit manggis

Sejak lama sudah dikabarkan mengonsumsi buah manggis dan ekstrak kulit manggis dapat membantu memperpanjang kesempatan hidup odha. Kandungan buah manggis dan kulit manggis dapat meningkatkan sel kekebalan tubuh atau cd4 secara alami di dalam tubuh sehingga tubuh odha dapat lebih kuat melawan virus HIV. 

Sponsors Link

Dalam kesempatan yang lebih baik, kandungan buah manggis dan kulit manggis ini dapat mengurangi infeksi dan kerusakan sel di dalam tubuh akibat serangan virus HIV.

8. Pisang

Dalam proses diet, pisang sering disarankan untuk dikonsumsi oleh individu yang melakukan diet karena pisang mengandung kalori yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh. sehingga meskipun sedang diet, individu yang berdiet pun tetap sehat dan mendapatkan kandungan kalori yang dibutuhkan setiap hari.

Buah pisang pun juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh odha karena buah pisang mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh secara alami.

9. Gaya Hidup Sehat dengan Menghindari Stress

Rupanya menghindari stress juga merupakan salah satu cara untuk mempertahankan jumlah cd4 atau sel kekebalan tubuh tetap aman di dalam tubuh odha. Stress dapat menurunkan kondisi odha kepada kondisi yang sangat buruk, karenanya merasakna kebahagiaan dan memiliki emosi yang stabil sangat penting untuk menjaga odha tetap sehat.

Demikian penjelasan tentang cara meningkatkan CD4 secara alami. Buat anda yang hidup dengan odha ada baiknya untuk membantu odha mengonsumsi obat dan makanan yang dapat menjadi suplemen kesehatan untuknya.

, , ,
Post Date: Friday 19th, October 2018 / 06:26 Oleh :
Kategori : Herbal