Sponsors Link

10 Cara Menghindari HIV Paling Mudah

Sponsors Link

HIV kependekan dari Human Immunodeficiency Virus, merupakan perantara infeksi yang pada awal tahun 1980an di ketahui telah dapat membunuh sebanyak 25 juta orang. sampai saat ini, jumlah penderita HIV masih bertambah, sedangkan obat yang diharapkan dapat secara efektif untuk menyembuhkan penderita HIV AIDS belum juga ditemukan.

ads

Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga kesehatan. Buat anda yang belum didiagnosa mengalami penyakit HIV, lebih baik anda menghindari keberadaan penyakit tersebut di tubuh anda. Berikut beberapa cara menghindari HIV yang harus anda ketahui.

1. Memahami Infeksi dan Penularan HIV

Supaya anda menjadi lebih waspada dan tahu cara menghindari HIV, anda harus memahami infeksi dan penularan HIV. Anda harus pahami Definisi HIV AIDS terlebih dahulu sampai kemudian cara penularnanya.

Sedikit informasi untuk anda, bahwa HIV dapat menghancurkan sel T atau CD4 dalam darah. Sel tersebut merupakan kekebalan tubuh yang seharusnya dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan virus dan bakteri jahat lain di dalam darah.

Akan tetapi, ketika virus HIV muncul, virus itu akan menyerang dan melemahkan kekuatan sel T, sehingga tubuh bisa mengalami infeksi dan mudah terserang penyakit lainnya.

2. Ketahuilah bahwa kebanyakan interaksi sosial tidak bisa menyebarkan HIV

Supaya anda tidak menjadi orang yang kikir, yang akan menjauhi orang begitu saja hanya karena ada seseorang di sekitar anda yang menderita HIV, anda juga harus menyadari bahwa kebanyakan interkasi sosial tidak bisa menyebarkan HIV, jadi anda tidak perlu takut untuk bersahabat atau hidup dengan odha.

Orang yang positif HIV tidaklah berbahaya. Virus ini tidak bisa menular karena anda menghirup udara yang sama dengan si penderita.

3. Ketahuilah cara penularan HIV

Poin ini berhubungan dengan nomor dua. Upaya pencegahan HIV selanjutnya ialah mengetahui cara penularan HIV. Ketika anda mengetahui cara penularan HIV anda akan secara sadar mampu menemukan cara menghindari HIV.

Untuk anda ketahui, HIV dapat menular karena cairan tubuh terinfeksi masuk ke dalam tubuh orang lain melalui beberapa cara seperti seks. HIV menular melalui cairan tubuh yang berupa darah, sperma, cairan pra-sperma, air susu, dan cairan vagina.

Bila anda mengalami kontak langsung dengan cairan tubuh tersebut, anda sebaiknya rutin memeriksakan diri untuk menjauhkan anda dari kemungkinan terburuk.

4. Kurangi faktor risiko seks

Cara menghindari HIV sebelumnya disinggung di nomor tiga, yakni dengan seks. Karenanya, anda harus mengurangi faktor risiko seks. Bila anda mengurangi faktor risiko seks kemungkinan anda terjangkiti HIV juga sangat kecil. Setialah pada satu pasangan.

Di samping itu, anda dan pasangan anda juga sebaiknya melakukan tes kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing. Dan mintalah pada pasangan untuk menggunakan kondom selama berhubungan seks dengan anda.

Sponsors Link

5. Cegah pertukaran cairan tubuh selama hubungan seks

Seperti yang sudah disebutkan, jika anda sadar sedang melakukan hubungan seks dengan seseorang yang mungkin terjangkit HIV, maka cegah pertukaran cairan tubuh selama berhubungan seks dengan menggunakan kondom dan jangan lakukan seks oral yang membahayakan anda.

Perlu anda ketahui juga bahwa kondom tidak dapat mencegah infeksi. Anda perlu menyadari juga bahwa tidak semua kondom dapat melindungi anda dari kemungkinan terjadinya pertukaran cairan seks karena kondom memiliki lubang-lubang mikroskopis yang dapat dilewati virus.

6. Pelajari cara menggunakan kondom dengan efektif

Mempelajari cara menggunakan kondom dengan efektif juga merupakan salah satu cara menghindari HIV. Berlatihlah memasang dan melepas kondom meski anda seorang wanita.

Pastikan anda sudah memakainya dengan baik dan benar sebelum berhubungan seks. Pastikan untuk tidak memegang bagian kondom yang terkena cairan pasangan seks anda ketika anda melepasnya.

7. Jangan melakukan seks oral

Anda mungkin berfikir bahwa melakukan seks oral akan lebih aman, memiliki resiko rndah dibandingkan dengan seks bentuk lain. Namun tetap saja, anda tidak boleh ceroboh dalam hal ini. memang benar bahwa faktor resiko HIV bisa saja dihindari dengan melakukan seks oral, menggunakan jari atau mainan seks mungkin akan aman, namun tetap saja disarankan untuk dihindari, terutama ketika jari rekan seks anda sedang terluka.

Sponsors Link

8. Hentikan penggunaan obat-obatan suntik

Cara menghindari HV selanjutnya ialah menghentikan penggunaan obat-obatan suntik. Bila terpaksa harus mengonsumi obat-obatan tersebut, anda harus mengganti suntik setiap kali anda akan menyuntik tubuh. Sangat dianjurkan untuk menggunakan suntik steril.

9. Jangan gunakan jarum tato secara bergantian

Mungkin di antara pembaca sekalian ada yang suka membuat tato, ketahuilah bahwa jarum tato juga bisa menjadi media penularan HIV ketika penato secara tidak sadar sudah menato tubuh seseorang yang terkena HIV.

Oleh karena itu, sebagai orang yang ingin menato tubuh, anda sebaiknya meminta jarum yang masih baru. Kalau anda sendiri adalah pebisnis tato, anda harus menjamin bahwa jarum yang anda gunakan untuk menato tubuh orang lain selalu diganti.

Demikian pemaparan tentang cara menghindari HIV bagi anda yang belum terjangkiti virus HIV di dalam tubuh. Lebih baik menghindari daripada mengobati, jadi berhati-hatilah ketika anda bergaul.

, , ,
Post Date: Sunday 30th, September 2018 / 07:30 Oleh :
Kategori : Pencegahan